2x IB Gagal Sapi Betina Harus Segera diperiksakan ke Petugas Teknis Peternakan

ustanmandiri.com     Petugas Teknis Peternakan PTP Kec. Tambakrejo Lilik Sulistya melakukan Pemerikasaan Kebuntingan dan gangguan Reproduksi pada sapi betina Kelompok Tani Ternak Ustan Mandiri Desa Dolokgede 2 / 8 / 2018.
Pemeriksaan Reproduksi Sapi Betina di Kelompok Ustan Mandiri.

Tiga kali dalam 2 bulan sapi kelompok yang digaduh oleh Tarno anggota kelompok mengalami birahi minta kawin 3 kali.
Menurut PTP Lilik Sulistya kejadian tersebut tidak hanya di alami oleh kelompok ternak ustan mandiri saja tetapi banyak juga dialami oleh sapi sapi kelompok yang lain bahkan peternak biasa.

Banyak dugaan tentang gagalnya iseminasi buatan atau kawin suntik tersebut masih dalam evaluasi bersama, ada empat hal dugaan yang menjadi galau dan resah bagi peternak maupun petugas iseminator.

Dugaan pertama ditujukan ke kuwalitas setrow/semen beku, hal ini yang bisa melakukan uji leb adalah pihak Dinas sendiri, yang kedua tentang Reproduksi indukan sapi itu sendiri kebanyakan peternak pada umumnya enggan memeriksaksana sapinya lantaran takut membayar mahal.

Tindakan di atas sangalah penting bagi peternak itu sendiri, karena tindakan tersebut dapat diketahui apakah indukan sapi yang selama dipelihara tidak ada gangguan pada reproduksinya.

" jika sapi betina 2 x IB tidak membuahkan hasil seharusnya peternak harus lapor dan memeriksakan sapinya ke petugas PKB ( Pemeriksaan Kebuntingan) di wilayah tersebut. " ujar Lilik Sulistya ketika memeriksa sapi indukan di kandang ustan mandiri.

Ketiga pengetahuan peternak tentang birahi pada sapi betina belum begitu jeli sehingga persaan ragu masih menyelimuti diri, yang ke empat faktor pakan yang tidak terpenuhi akan kebutuhan sapi betina yang mengakibatkan keringnya reproduksi, disini sapi betina harus dikasih pakan hijauan.


Komentar

Postingan Populer