Rumput Setia Pakan Terbaik Untuk Sapi Indukan



Ustanmandiri.com    Peternakan yang bertujuan pembibitan atau breeding tak lepas dari pakan hijauan yang segar dan selalu tersedia, pakan hijauan yang mengandung nutrisi yang bagus dan baik untuk indukan adalah rumput yang kadar proteinya paling rendah adalah 10%.
 
Peternak Sapi Dolokgede Tambakrejo
Rumput liar atau rumput lapang kandunga protein di dalamnya berkisar 7 – 8%, berarti untuk sapi indukan rumput liar maupun lapang masih kurang baik dan  bagus untuk kebutuhan pakan pada sapi indukan.

Kurangnya protein biasa mengakibatkan sapi indukan mengalami susah birahi, bila indukan mengalami kebuntingan maka pedet yang di dalam kandungan juga akan mengalami kekurangan asupan gizi yang diperoleh dari makanan yang di cerna oleh sang induk.
Jika pedet kekurangan asupan gizi maka yang akan terjadi adalah lambatnya pertumbuhan berat badan.

Di kelompok ternak ustan mandiri sebagai pakan hijauan andalanya yang sudah memenuhi standar nutrisi yang di butuhkan oleh indukan adalah rumput setia, rumput tersebut sudah di kembangkan oleh kelompok sejak tahun 2013 bantuan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro melalu dana APBD Kabupaten.

Rumput ini telah di uji laboratoriun oleh kelompok dengan nutrsi yang cukup baik dengan hasil proteinya 11-12% kandungan protein yang ada di dalamnya

Di Desa Dolokgede sebagian besar peternak sapi sudah melakukan penanaman yang cukup luas untuk persedian pakan sapi mereka, rumput ini akan tumbuh subur jika tanah tersebut mengandung pupuk organic yang cukup karena nutria akan lebih meningkat dengan baik apabila pupuk yang di gunakan adalah dengan pupuk organic atau pupuk kandang. 

“ Selamat Beternak “  

Komentar

Postingan Populer