Populasi Sapi Kelompok Ustan Mandiri Dolokgede Berjumlah 50 Ekor



Peranakan ongole di kelompok ternak ustan mandiri dolokgede
Pembibitan sapi Po ongole di kelompok tani ternak Ustan Mandiri semakin meningkat jumlah polulasinya, bantuan sapi betina tahun 2014 akhir di kelompok ternak ustan mandiri desa dolokgede yang awalnya 30 ekor sapi indukan ongole pada tahun 2018 mengalami kelonjakan yang sangat senangkan.

Dalam jangka 3 tahun belakangan ini populasi sapi kelompok menjadi 50 ekor dengan data yang telah di catat oleh pengurus kelompok, 50 ekor itu terdiri dari 30 ekor indukan dan 20 ekor pedet yang di lahirkan.

Pedet yang di lahirkan kebanyakan berjenis 70% jantan, yakni 5 ekor betina milik anggota yang bernama Jarto, yang di alhirkan pada bulan januari 2016 kemudian milik Ngari dengan usia pedet 11 bln, milik Suparji usia pedet 7 bln, milik Sutikno  usia pedet 6 bulan dan Kamsirah usia pedet 5 bulan.

 Sapi kelompok yang di gaduh oleh salah satu anggota berna Jarto kini sudah beranak 2x  di tahun ketiga yang baru aja lahir malan kemarin. sapi kelompok yang sudah melahirk yang kedua kalianya adalah sapi yang di gaduh oleh Jarto.

30 ekor indukan yang sampai saat ini belum mengalami kebuntingan adalah berjumlah 7 ekor yang di gaduh oleh  anggota yang bernama Judi Rt 01  Mustihadi  Rt  01  Dakit  Rt 05 Nyarmin  Rt 04  Virgiawan Rt  11, Hardi  Rt 11 dan Giarto di Rt 14.

 Untuk yang lain sudah mengalami kebuntingan dan sudah melahirkan.

Komentar

Postingan Populer