Kesetaraan Gender Di Kelompok Ternak Ustan Mandiri Dolokgede

Sebagai penduduk desa yang notabenya petani dan peternak tentu pekerjaan yang seharusnya tidak di kejakan tapi malah di kerjakan. Contoh yang di lakukan oleh seorang wanita yang bernama Murtini warga desa dolokgede Rt 06, pekerjaan merumput yang  biasa di kerjakan oleh seorang adam/ laki- laki ini tetap ia kerjakan.
Dokumen Ustan Mandiri Dolokgede
Saling membantu dalam melakukan segala aktifitas demi untuk meningkatkan sumber pendapatan ekonomi keluarga ibu satu anak ini rela untuk merumput di setiap ladang maupun persawahan. 
Di desa dolokgede ini kesetaran gender tidak menjadi gendala ataupun persoalan bagi para warganya di dalam menjalankan aktifitasnya sehari hari.

Hal ini sangat umum di kerjakan oleh para wanita, karena pekerjaan ini sangat membantu bagi suaminya yang sedah memelihara ternak di samping mengolah tanah pertanian dan perkebunan yang ia miliki.

Jika suami sedang mengolah tanah di sawah maka sang istri membantu merumput untuk ternakanya, karena mengolah tanah di butuhkan waktu yang agak lama dan akhirnya si suaminya tak dapat melakukan aktifitas merumput, padahal ternak yang ia pelihara butuh makan minum sehari hari, dengan adanya kejadian seperti demikian para masyarakat tani ternak di desa tersebut berbagi tugas untuk mencukupi segala kebutuhannya.

Beginilah kehidupan di desa yang selalu ada fenomena aktifitas para warga dalam menjalakan kegiatan perekonomian di tani ternak.

Komentar

Postingan Populer