Inovasi dan Teknologi Sangat Penting di Kelompok Peternakan

ustanmandiri.com   Peternakan sapi ongole yg telah menjadi aiconya Kabupaten Bojonegoro sebagai Wilayah sumber bibit dan juga sangat terkenal dengan SPRnya, Sekolah Peternakan Rakyat.

inovasi dan teknologi peternakan di ustan mandiri dolokgede
Ada 7 lokasi yang telah menjadi sentra sekolah peternakan rakyat SPR yakni Kec. Tambakrejo, Kec. Kasiman, Kec. Temayang, Kec. Kedungadem, Kec. Bubulan, Kec. Sekar dan Kec. Margomulyo ke 7 kecamatan tersebut telah di sepakati oleh pemerintah pusat untuk di lakukan kegiatan pengembangan peternakan sapi PO.

Dari kegiatan di atas tersebut kunci suksesnya sebuah kelompok peternakan adalah lahan pakan yang cukup tersedia dengan aman, dari 7 wilayah tersebut kebetulan daerah tepi hutan maka dari itu peternakan sangat tepat di tahur di kawasan tepi hutan dengan tujuan tercukupinya pakan hijauan.

Beda dengan sekelompok tani ternak ustan mandiri yang memberikan contoh terhadap para peternak yang hidup di tengah - tengah masyarakat yang jauh dari hutan tapi kegiatan peternakannya juga cukup lumayan maju.

Inovasi dan teknologi yang di gunakan kelompok ustan mandiri adalah inves lahan hijauan dan alat pencacah rumput yang menjadi kunci mereka dalam melakukan kegiatan beternak sapi untuk tetap jalan dan tetap exsis tanpa keberatan dan kesusahan dalam beternak.

Pakan hijau sangat penting dan juga sangat vital ketika melakukan kegiatan beternak dengan sistem pengembangbiakan atau peranakan itu menjadi penting ketika beternak dengan sistem tersebut.

Lahan hijauan yakni rumput setia maupun odot di kelompok ustan mandiri dolokgede sudah mencapai 3 hektar lebih untuk di kembangkan di desa tersebut.

Manajemen yang sudah tertata rapi sudah di lakukan 3 tahun yang lalu oleh ketua kelompok Muhammad ali untuk mempercontohkan kepada para anggotanya dalam menata menejen pakan hijauan di kegiatan kelompok.

Hasil Laboratorium rumput odot, setia dan leguminosa gamal dari Dinas Peternakan dan Perikanan Provinsi jawa timur bahwa rumput  ustan mandiri termasuk berkreteria sangat baik.

Berikut Hasil laboratorium :




 

Komentar

Postingan Populer