Dolokgede Menjadi Maknet Belajar Ternak

Sertifikat wilayah sumber bibit sapi PO (ongole) tingkat nasional yang di sandang  oleh kelompok ternak Lembu seto Napis Tambakrejo Bojonegoro, yang mana kelompok  tersebut telah di dukung oleh dua kelompok yang tidak begitu kalah dari mereka.
Peranakan Sapi Ongole di Ustan Mandiri Dolokgede
Ustan mandiri Dolokgede salah satunya yang telah menjadi pendukung wilayah sumber bibit sapi PO  yang tetep eksis di dalam melakukan beberapa kegiatan kelompok untuk mewujudkan  mimpi besarnya menjadikan desa Dolokgede menjadi sumber maknet peternakan di kawasan bojonegoro.

Dalam demplotnya di dolokgede Rt 04 Rw 01 kandang belajar bersama, ustan mandiri telah membuktikan kemampuanya dalam mengembangkan sapi PO  dengan manajen  yang sangan sederhana juga bisa di terima oleh kalangan peternak lokal.

Demplot kandang percontohan berisikan 13 ekor sapi PO dan 8 ekor kambing jawa randu yang didesain memang untuk belajar masyarakat yang mempunyai jiwa peternak  di desa dolokgede.

Lahan pakan yang mereka punya seluruhnya 3 hektar telah di tanami rumput setia untuk pakan kambing dan sapinya, sistem ini telah di perlakukan di kelompok ustan mandiri mulai tahun 2013 yang lalu, yang mana pada tahun tersebut kelompok telah di bantu oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro berupa bibit rumput setia berjumlah 1000 batang.

Ustan mandiri telah membuka sinau bareng kerjasama ademos (asosiasi demokrasi untuk kesejahteraan sosial) lembaga yang bergerak di pemberdayaan masyarakat yang berkantor pusat di desa dolokgede.

Keunggulan kelompok ternak ini adalah di bidang manajemen pakan dan perawatan, sebagian besar masyarakat di bojonegoro kebanyaka peternak yang bergerak di fettening bukan di breeding dari masalah ini menjadi insfirasi bagi kelompok ustan mandiri untuk melakukan kegiatan beternak dengan sistem produksi ternak yakni pengembangbiakan/pembibitan sapi PO dan Kambing jawa randu.




Komentar

Postingan Populer