Pemdes Mulyorejo Mengadakan Pelatihan Ternak Kambing Domba

Pemdes Mulyorejo, 17 Nopember 2017 telah mengadakan pelatihan peternakan kambing domba bagi warganya yang aktif dalam beternak,  sebagai cacatan kusus bagi desa yang sdh memulai untuk membidik dan melatih kader kader desa sesuwai  bidangnya masing masing.

Beberapa potensi desa yang sudah waktunya di jadikan sebagai pionernya desa utuk di berdayakan dan di kembangkan.
Pemerintah desa Mulyorejo membuat program pemberdayaan masyarakat tentang peningkatan pengetahuan SDM para peternak kambing di wilayahnya.

Dengan terbitnya undang undang desa No 6 tahun 2014 tentang desa, Kepala Desa Dwi Fajar Purnomo. S.E lewat Kasi Pemberdayaan masyarakat Sarimin, untuk melaksanakan kewajiban sebagai pemerintah desa untuk mendidik dan membina masyarakatnya agar lebih berdaya serta kreatif dan produktif.

Pemdes Mulyorejo mengadakan Pelatihan Ternak Kambing.
Dalam penyampaian kepala desa masyarakat di ajak untuk lebih berpartisipasi dalam hal membangun desa lewat peternakan, para peternak desa Mulyorejo harus memulai berfikir lebih kreatif dan inovatif untuk melakukan kegiatan sebagai peternak yang dulunya tradisional menjadi lebih moderen.

Hal tersebut menjadi momentum dalam program pelatihan ternak kambing yang di laksanakan oleh Pemerintah Desa Mulyorejo.

Muhammad Ali ketua kelompok tani ternak ustan mandiri dolokgede sekaligus menjadi pemotifasi serta narasumbernya, telah mengupas tuntas tentang budidaya kambing domba di hadapat peserta pelatihan.

Pelatihan ini di laksanakan selama 2 hari Yakni hari pertama dengan tema teori budidaya kambing domba, pengenalan bibit kambing, pengenalan berbagai macam pakan, manajemen pakan, perawatan kambing domba, dan penjelasan tentang kelembagaan kelompok.

Agenda hari kedua telah di jadwalkan  untuk study lapang di HPT ( hijauan pakan ternak ) Ustan Mandiri dolokgede dan di lanjutkan dengan prakten membuat pakan fermentasi dan silase.

Dari program di atas memang sangat menarik di lakukan, kerana sebagian besar desa di wilayah kecamatan tambakrejo berpotensi tani ternak, dari ide desa mulyorejo semoga menjadi infirasi bagi desa- desa yang lain.

Komentar

Postingan Populer