Lahan Rumput Ustan Mandiri Menjadi Kunjungan Peserta Pelatihan

Pemberdayaan kelompok yang di lakukan oleh pemerintah desa mulyorejo dapat respon positif bagi warganya, di hari yang kedua dalam pelaksanaan pelatihan beternak kambing yang telah di danai oleh desa, peserta sangat tertarik melihat aktifitas dari ketua kelompok tani ternak ustan mandiri yang begitu santainya dalam menjalankan kegiatan sehari hari.
Kunjungan di HPT ustan mandiri dolokgede

Ternak sapi 14 ekor dan kambing jawa randu 7 ekor di sikapi dengan santai tanpa rekoso sama sekali, merumput 1 jam untuk satu hari dari sinilah peserta pelatihan sangat tertarik dan antusia kepingin meniru dan mencoba hasil pelatihan ternak juga pelatihan bikin pakan berger serta silase.

Dan sangat menariknya lagi peserta pelatihan begitu berkunjung di kandang lalu di lanjutkan ke HPT (hijauan pakan ternak ) yang di miliki ustan mandiri dengan lus 1 hektar rumput setia, peserta menjadi kaget dan terbengong melihat tanah begitu luas di tanami rumput.

Hal yang sangat aneh di daerah sekitar jika ada orang menam rumput  menjadi bahan omongan yang tak sedap karena di anggap bahwa orang tersebut sdh tidak doyan makan nasi beras.

Begitu peserta di jelaskan dan di ajak hitung-hitungan baru sadar manfaat dan keuntungan menanam rumput hasilnya sangat luar biasa. 
Sebelum praktek membuat pakan peserta di berikan waktu diskusi selama 1 jam untuk membahas apa yang di lihat di kandang maupun di lahan hijauan.

Sistem peternakan terpadu yang di laksanakan oleh ustan mandiri sudah berjalan selama 5 tahun, dengan kegiatan penanaman hijaun hingga produksi makanan olahan dari daging.


Komentar

Postingan Populer