Pakan Hijauan Membawa Berkah Di Kelompok Ustan Mandiri Dolokgede

Kegiatan yang tak selalu berhenti  di lakukan oleh sekelompok peternakan di desa dolokgede sebagai wujud keseriusan mereka dalam melaksanakan kegiatan dan profesionalisme kelompok untuk membuktikan ke pemerintah bahwa bantuan yang di berikan benar-benar di manfaatkan dan di kelola dengan baik.

IB sapi kelompok Ustan Mandiri Dolokgede

30 ekor sapi indukan bantuan 2 tahun yang lalu 16 indukan sudah melahirkan pedet dan 4 ekor indukan sdh mengalami birahi lagi sehingga kelompok menindaklajuti IB ( iseminasi buatan) lagi. 
4 ekor yang di gaduh oleh Bp. jarto, sanur, sari dan Ibu nurhayati dini hari senin, 14 agustus 2017 sdh di lakukan IB oleh petugas Nur Harjito Tambakrejo.

Sapi indukan yang di gaduh Sari sudah melahirkan 3 bulan yang lalu dan saat ini mengalami birahi kembali.
Untuk melakukan IB kelompok harus taat kepada aturan yang sudah di sepakati bersama oleh semua anggota bahwa indukan sapi harus di IB dengan jenis PO karena tidak lepas dari program yang telah di laksanakan oleh kelompok ustan mandiri tersebut.

Sebelum melakukan IB anggota berkewajiban melaporkan kepada pengurus untuk di catat serta di bukukan sebagai kegiatan pengurus dalam beradminitrasi. 

Sapi yang digaduh oleh Sari telah di IB dengan kode  BBIB SGS SNI ONG KRISTA 28424 PP 8589 oleh petugas IB Harjito Tambakrejo.  Kenormalan inilah yang di harapkan oleh para peternak agar ternak yang di pelihara sehari hari dapat memberikah berkah satu tahun setengah sekali.

Jika pakan tersebut selalu normal dan yang paling baku hijauan selalu tersedia serta mineral yang cukup maka sapi indukan akan mudah mengalami subur reproduksinya.
Kebanyakan para petani ternak tak memperhatikan semua itu, menurut mereka yang penting sapi di kasih makan kenyang sudah beres dan mereka tanpa memperhatikan kadar kandungan nutrisi di dalam pakannya tersebut.

Jerami padi yang sebagai makanan andalan bagi para petani ternak di daerah ustan mandiri tinggal, tetapi anggota kelompok ustan mandiri jerami tidak jadi andalan lagi sebagai makanan faforit untuk sapi sapinya.
Kandungan serat kasar yang paling tinggi mengakibatkan tidak suburnya reproduksi pada sapi betina hal tersebut banyak di dalam jerami padi, ustan mandiri telah mengajarkan kepada anggota anggotanya untuk memgembangkan dan menanam rumput raja sebagai mengantisipasi sapi yang reprodusinya terganggu di akibatkan pakan yang tidak berkualitas.


Komentar

Postingan Populer