Berawal Dari UGM Yogyakarta Hingga UNE ( Universitas of New Enggland ) Australia

Dolokgede membuka inspirasi bagi para peternak yang menggeluti profesi ternak sapi Kambing dan Domba di pengembanganbiakan, budidaya sapi PO (ongole ) dan Domba yang menjadi Pilot Project di daerah sekitar Kecamatan Tambakrejo,Ngambon Purwosari dan Ngasem.

Longreach Pastoral College

Kegiatan tersebut telah di lakukan selama 2 tahun terahir oleh kelompok ternak Ustan Mandiri yang di prakarsai oleh seorang pemuda lokal desa yang bercita-cita besar untuk membangun desa yang mampu berdikari dan berswasembada.

Pemuda yang di didik oleh UGM ( Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta tahun 2014 - 2016  oleh Dr.Widodo Fakultas peternakan. 
Kelompok ustan mandiri berdiri bertujuan untuk memberdayakan masyarakan bukan melainkan produksi ternak semata - mata, menurut ketua kelompok Muhammad Ali bahwa kelompok adalah sebuah media dan kendaraan untuk menuju pembangunan ekonomi desa. 

Program yang di lakukan olehnya berdasarkan program KKN PPM ( Kuliayah Kerja Nyata ) (pembelajaran pemberdayaan masyarakat) ini adalah sebagai prinsip dasar bagi kelompok ustan mandiri untuk lebih mempertajam gerakan gerakan pemberdayaan.

Selain itu  UGM juga memberikan pendidikan yang sangat luarbiasa bagi para peternak di kelompok ustan mandiri, pengembangan lahan pakan adalah hal yang jarang di lakukan oleh peternak pedesaan di beberapa tempat, tapi di kelompok ustan mandiri dapat berhasil di lakukan oleh KKN PPM UGM di desa dolokgede pada tahun 2014 - 2016.

UGM juga mengembakan Domba lokal ekor tipis di kelompok ustan mandiri 37 ekor pada tanggal 11 januari 2015 beserta kandang percontohan 4 unid di berbagai Rt di Dolokgede Kec. Tambakrejo Kab. Bojonegoro.

Ilmu yang begitu besar yang sudah di transfer ke kelompok ustan mandiri menjadikan bekal mereka menjadikan selalu semangat untuk maju dan berkembang, kini ketua kelompok menjadi pioneer di daerah kabupaten bojonegoro yang berhasil study dari UGM hingga UNE ( universicy of New Enggland ) Australia.

Ketekunan dan semangat yang tinggi menjadi kunci kelompok ustan mandiri untuk selalu maju membangun Desa Dolokgede lewat dunia peternakan.




Komentar

Postingan Populer