PENINGGALAN KKN MAHASISWA UGM YOGYAKARTA AYAM KAMPUS (Kampung Jawa Super)

Ayam Joper/Kampus di dolokgede
Pemberdayaan yang sangat nyata telah di lakukan oleh Mahasiswa KKN PPM UGM Yogyakarta di desa Dolokgede Kec. Tambakrejo Bojonegoro.
Sekelompok Peternak dan Petani di desa tersebut yang bergabung di Kelompok Tani Ternak Ustan Mandiri telah mendapatkan bantuan ayam jawa super alias ayam Kampus, yang di bagikan kepada anggota kelompok dengan jumlah 1000 ekor lebih pada tahun 2015 dan 2016.

Ayam tersebut telah berkembang mencapai 1.326 ekor, jumlah tersebut sangat menurun dari bantuan yang telah di terima pada saat penerimaan dengan jumlah 1000 DOC, karena dalam proses perawatan DOC  banyak yang mati sehingga sangat mempengaruhi lambatnya populasi tersebut.

Dari 18 orang peternak yang berhasil hanya sejumlah 9 orang  yang mampu merawat dan mengembangkanya.
dari 9 orang tersebut adalah pak Karno dengan jumlah ayamnya 430 ekor, Junaidi 350 ekor, Ali safi'i 70 ekor, Pardan 123 ekor, Suwarno 43 ekor, Satin 80 ekor, Suparji  150 ekor, Kusnan 30 ekor dan Samsuri 50 ekor.

Kuliyah kerja nyata yang di lakukan Mahasiswa UGM perlu di contoh oleh KKN yang dari Universitas yang lain, KKN tidak hanya bisa pindah kost kostsan aja tapi ada kerja nyata yang bisa di rasakan oleh warga masyarakat yang di tempati  supaya masyarakat bisa dapat transferan ilmu dan juga dapat mempraktekan di desa.






Komentar

Postingan Populer