DINAS PETERNAKAN BOJONEGORO MELATIH KELOMPOK MENJADI PETERNAK TERPADU



 
kiat sukses menjadi peternak

Kepala dinas peternakan dan perikanan kabupaten bojonegoro menginfomasikan bahwa populasi hewan ternak kambing domba di kabupaten bojonegoro mencapai 200.000 ekor.
Maka dari itu bojonegoro termasuk  daerah yang bisa mensuplai daging kambing domba nomor lima di jawa timur.

Problem yang paling besar menurut kepala dinas Ardiyono Purwanto, SH,MSi. bahwa di bojonegoro sering terjadi ke tidak suksesan pemerintah dalam melakukan bantuan terhadap para kelompok ternak di akibatkan ketidak beresan kelompok dalam mengelola ternak bantuan.

Hal tersebut di buktikan dengan ketidak jelasan kelompok dalam keadministrasian yg kurang jelas sehingga bantuanpun tidak jelas pula, tidak hanya itu saja problem peternak di bojonegoro menurut beliau peternak atau kelompok ternak di bojonegoro kurang produktif dan inovatif dalam mengelola peternakan, sehingga kelompok ternak susah untuk berdaya.

Dari problem di atas Dinas Peternakan dan Perikanan mengadakan motivasi besar besaran untuk mengundang narasumber dari Bogor untuk memotifasi kelompok ternak di bojonegoro agar muncul ide kreatifnya sehingga peternak dapat mewujudkan peternakan yang terpadu.

Kegiatan pelatihan dan motifasi yang di lakukan oleh Dinas Peternakan di mederatori oleh Kabid Agribis  Wiwik sulistiyo Spt,MM untuk memimpin jalanya acara di gedung pertemuan dinas peternakan dan perikanan bojonegoro.

Budi susilo setiawan  adalah narasumber yang bisa membawa fikiran peternak bojonegoro menjadi terbuka dan termotifasi bahwa beternak sangat besar sekali peluang-peluang yg ada di dalanya yang bisa di jadikan bisnis harian , minguan maupun bulanan serta tahunan.

Populasi kambing domba di Indonesia mencapai 260.000.000 ekor data yang tercatat di pemerintah hingga saat sekarang, tetapi itupun belum mampu untuk mencukupi kebutuhan daging di jagobotabek, karena pengkomsumsi daging terbesar adalah di kawasan tersebut.
 
Di daerah puncak bogor dan sekitarnya kebutuhan kambing domba perhari butuh 250 ekor untuk di komsumsi oleh masyarakat sekitar,terutama di rumah makan sate dan restourant.
Dalam hal ini kebutuhan di bogor saja meningkat belum di kota nkota di seluruh jakarta.

dalam acara tersebut peserta dilatih cara menejemen kandang , pakan, dan penjualan serta perawatan kambing domba, sehingga para peternak dapat melakukan dan terinfirasi peternakan di Mtra Tani Farm yang ada di bogor jawa barat.

Dalam segi pembuatan pakan dan pemberian hijaun kambing domba membutuhkan PK 12-13% untuk kebutuhan nutrisi yang harus di serap oleh kambing domba.selain itu kebutuhan yang harus tersedia adalah Protein kasar yang di butuhkan untuk domba 12-14% sedangkan kambing 20-24% PK

Kegiatan yang di lakukan oleh Dinas Peternakan di bagi menjadi dua jadwal dari bojonegoro timur sehingga kegiatan di jadikan dua hari pertemuan.
kegiatan momen bulan puas panitia juga menyiapkan takjil dan buka bersama di gedung pertemuan Dinas Peternakan dan perikanan Bojonegoro.



Komentar

Postingan Populer