SINKRONISASI / GERTAK BIRAHI SAPI DI DESA NAPIS TAMBAKREJO

Elfia Nuraini Kabid Budidaya Bojonegoro
Sinar matahari panas menyinari bumi Desa Napis Kec. Tambakrejo, terik matahari tipis-tipis menyengat kulit di saat siang hari.Tetapi itu tak menjadi halangan bagi Kabid Budidaya Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro Elfia Nuraini.

Semangat 45 demi memberdayakan para peternak di Tambakrejo untuk bojonegoro dan Indonesia.
Ibu muda ini yang sangat familier kepada  para peternak yang akrab di panggil Bu Elfi sebagai Ibunya Para kelompok tani ternak di bojonegoro.

Desa Napis Kecamatan Tambakrejo adalah salah satu kdesa yang  mendapatkan setifikat tingkat I jawa timur sebagai kawasan pembibitan sapi PO dan di dukung oleh desa jatimulyo dan dolokgede.

siang tadi 24 mei 2016 Dinas Peternakan mengadakan kegiatan Sinkronisasi/ Gertak birahi sapi di desa Napis yang di pimpin langsung oleh Kabid Budidaya Elfia Nuraini.
Kabid Budidaya meragakan Palpasi Rektal sinkronisasi / gertak birahi sapi milik kelompok Lembu Seto dan Petani ternak desa napis tambakrejo.

Dalam melakukan kegiatan tersebut Dinas peternakan bersama Drh. Indra, Drh.Yayuk dan Drh. Nur di bantu staf Kabid Budidaya dan PTP serta Insminator Teguh Budiharto Tambakrejo untuk melakukan pelayanan injeksi vitamin dan hormon di lokasi kandang lebu seto pada sapi kelompok serta sapi warga masyarakat.

75 ekor sapi betina yang di tagetkan dalam pelayanan sinkronisasi 58 ekor yang telah berhasil di periksa oleh tieam Dokter hewan Bojonegoro dengan pelayanan dan pengobatan geratis.
Pada saat bersamaan pula dokter hewan juga menemukan 11 sapi yang mengalami birahi pada waktu pelaksaan gertak birahi tersebut.

Melihat momen tersebut Kabid Budidaya memerintahkan insminator Teguh Biharto lansung melakukan IB secara geratis pada sapi-sapi yang mengalami birahi pada pelaksanaan kegiatan berlangsung.
Selain itu Kabid juga memonitor terhadap jalanya pelaksanaan pendataan kartu ternak di desa Napis yang waktunya sebentar lagi selesai.

Komentar

Postingan Populer