SELAIN KOSENTRAT PAKAN HIJAUAN LEBIH PENTING UNTUK REPRODUKSI KAMBING DOMBA


kelompok Ustan Mandiri Dolokgede
Hijauan segar tetap di perlukan dalam beternak kambing maupun domba, karena hijauan sebagai keseimbangan akan kebutuhan pakan kambing domba untuk mencukupi nutrisi yang di perlukan.

Dalam beternak dengan sistim pengembangbiakan sangatlah penting pakan hijauan, kerena pakan hijauan dapat menyetabilkan dan menyuburkan reproduksi dan juga sangat penting bagi kambing domba untuk menambah kelancaran air susun yang lebih baik dan bagus.

Beternak secara dikandangkan harus mempunyai halaman yang agak luas, dengan sistim ini sangat di anjurkan bahwa beternak briding atau pengembangbiakan, kambing maupun domba sangat butuh tempat umbaran untuk di buat bermain sama halnya dengan manusia butuh kesejahteraan maupun kebebasan.

Kambing dan domba yang sering di kandangkan akan berpengaruh terhadap lambatnya birahi dan juga banyak kekurangan vitamin D yang dapat di peroleh dari tanah, sehingga kambing domba tersebut tidak sehat.

Kambing domba harus di umbar atau di bebaskan 2x dalam 1 minggu, disamping itu pakan juga menjadi problem utama dalam beternak dengan sistim pengembangbiakan / briding.
Selain pakan kosentrat, fermentasi atau yang lainya pengembangbiakan di wajibkan mengunakan pakan hijauan segar.

Domba bunting 4 bln

Biasanya jika hijauan tidak tersedia akan menimbulkan pada lambatnya pertumbuhan pada cempenya yang di dalam janin dan mempengaruhi kelancaran susu pada indukanya.
Untuk perawatan indukan di butuhkan ketelatenan dan kesabaran guna menjaga cempe yang berada di janin indukan agar tetap sehat dan normal.

Indukan buting haruslah di kasih makan yang berkualitas protein tinggi  terutama mulai usia kebuntingan 2 bln sampai cempe lahir, agar pertumbuhan cempe lebih bagus indukan 1 minggu sekali di kasih minum susu khusus hewan untuk mencukupi akan kebutuhan nutrisi pada indukanya.

Komentar

Postingan Populer