USTAN MANDIRI KERJASAMA DENGAN SINAR ABADI DESA BAKALAN TAMBAKREJO

Pengiriman Bakalan di kelompok ternak Sinar Abadi Desa Bakalan Takbakrejo
" Briding " sistim inilah yang di lakukan oleh kelompok tani ternak ustan mandiri desa dolokgede,dengan sistem ini para kelompok lebih tertarik dari pada penggemukan yang di lakukan oleh para pelaku peternakan pada umumnya.

Menurut Kelompok ustan mandiri briding lebih rumit tetapi sangat menguntung dari pada penggemukan, akan tetapi penggemukan jika tidak mempunyai kerjasam antar kelompok briding atau pengembangbiakan, maka kelompok penggemukan juga akan menghadapi permasalahan di sekmen bakalan.

Suksesnya penggemukan harus di sertai dengan bibit / bakalan yang setandar bakalan, dari bentuk maupun jugroknya bibit/ bakalan sbagus bisa mempercepat pertumbuhan dari segi berat badan dengan di topang pakan yang bagus dan setandar penggemukan.

Di sini yang dimaksud setandar pakan penggemukan yaitu pakan yang  cukup dengan koposisinya yang di anjurkan untuk penggemukan, serat yang cukup, protein, karbohidrat, dan juga mineral yang cukup akan menjadi pakan yang bisa memenuhi kebutuhan ternak itu sendiri.

Kelompok Tani Ternak Ustan Mandiri bekerjasama dengan kelompok ternak Surya Abadi dalam penyuplaian bibit / bakalan untuk di gemukan, karena kelompok ustan mandiri bergerak di bidang briding sedangkan kelompok sinar abadi bergerak di penggemukan, maka dari itu ustan mandiri bisa melayani kelompok tersebut untuk menyuplaian bakalan dengan harga setandar pasar.

Menurut ketua kelompok ternak surya abadi Parno 25 tahun, dengan cara inilah para anggota kelompok kami  bisa menghindari dari para blantik dengan harga yang tak wajar dengan harga pasar,  oleh sebab itu kelompok ternak surya abadi memilih kerjasama dan saling memberdayakan antar kelompok.



Komentar

Postingan Populer