TEKNIS DASAR IB YANG SELALU TERLUPAKAN HANYA GARA - GARA PERMINTAAN PETERNAK

Teknis dasar IB yang benar oleh Drh. Agung Budiyanto MP. Ph.D UGM Yogyakarta
Maraknya pengaduan peternak kepada Pemerintah daerah menjadi cambuk bagi Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro,terkait dengan kegiatan iseminasi buatan IB yang di lakukan oleh petugas IB di beberapa wilayah kecamatan di Bojonegoro.
Laporan yang berisi tentang kegiatan yang di lakukan oleh petugas IB selalu berulang-ulang higa 5-6 kali baru membuahkan hasil.

Dari hal tersebut peternak sangat di rugikan oleh petugas, dari laporan yang di terima oleh Pemerintah Daerah lansung mengkaji ulang, apakah hal tersebut apa memang benar yang di laporkan oleh para peternak ke  pemerintah daerah.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Sekretaris daerah ( SEKDA)  Sohadi Moeljono dalam acara Workshop peningkatan sumber daya manusia petugas iseminasi buatan yang di gelar Dinas peternakan dan perikanan kemarin di sanggar seni desa Njono Kecatan Temayang.
Kegiatan tersebut di hadiri oleh 120 peserta dari petugas IB  dan juga kelompok ternak sapi se bojonegoro.

Setelah di survei memang ada hal yang seharusnya sama-sama di pahami oleh petugas dan peternak,  gara- gara desakan dari peternak dan juga mempertahankan lahan pendapatan seorang petugas IB tetap mejalakan sesuwai permintaan peternak, kalau itu tidak di lakukan peternak akan memanggil petugas lain untuk melakukannya.

Dari kegiatan tersebut  Bapak Sekda berharap ada laporan yang kongkrit dalam penggunaan setro untuk setiap petugas IB yang melakukan kegiatan   praktek di lapangan.
Hal ini menjadi Pr bagi Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan yang baru, untuk mendata ulang dan  sensus ternak sapi betina yang berada di wilayah kabupaten bojonegoro ujar Sekda.

Sebagai acara penutup peserta menuju kandang kelompok tani  ternak Kedung Nggondang Desa Njono Kecamatan Temayang.
Di lokasi inilah  para petugas IB bersama kelompok  tani ternak berbagai kecamatan di beri pemahaman yang sangat jelas  tentang IB dyang benar dan tepat.

 Petugas IB bersama kelompok tani ternak sangat antusias kepada materi yang di berikan oleh bapak Agung Budiyanto tentang pengetahuan dasar IB dan juga posisi janin sapi dari 3 bulan hingga 6 bulan di dalam janin sapi betina.
Acara kegiatan ini sangat-sangat cair dan bisa rifresh dengan kocaknya narasumber Ustad Agung Budiyanto yang akrab di pangil demikian.



Komentar

Postingan Populer