RUMPUT SETIA YANG MENJADI ANDALAN PAKAN HIJAUANYA KELOMPOK TANI TERNAK USTAN MANDIRI


Lahan rumput setia Ustan Mandiri Dolokgede

Awal musim hujan kali ini di sambut dengan sangat gembira oleh sekelompok peternak yang berada di desa dolokgede kecamatan tambakrejo kabupaten bojonegoro.sekian lama peternak merasakan betapa sulitannya untuk mencari hijauan pakan  druminansia sebagai  piaraanya.
Kemarau panjang telah melanda di  bojonegoro dan sekitarnya selama 7 bulan lamanya, sehingga  pakan hijauanpun tak ada yang tumbuh  di hamparan persawahan, bersamaan  dengan itu para peternak yang berada di dolokgede dan sekitarnya juga merasakan betapa susahnya untuk mendapatkan hijauan ternak.

Bulan yang menurut peternak bulan penuh berkah bagi ternak ruminansia adalah  bulan yang sudah sering turun hujan, sehingga rumput-rumputan bisa tumbuh subur dan segar yakni di bulan nopember hingga januari.
Pesta" itulah kata-kata yang sering mereka ungkapkan, dari hati  para peternak yang sedang mengistimewakan ternaknya di saat saat  musim penghujan kali ini.

Rumput liarpun bisa tumbuh dengan cepat dan subur, apalagi rumput yang ditanam dan di pelihara dengan baik oleh pemiliknya, salah satu contoh tanaman rumput setia milik ketua kelompok ternak Ustan Mandiri Muhammad ali desa dolokgede yang pertumbuhan sangat subur sekali.

Peternak bisa memanen  rumput jenis tersebut di kala usia 2 bulan untuk di jadikan pakan hijauan  sapi serta domba- dombanya.
teknis yang di gunakan oleh sekelompok peternak yang berada di desa dolokgede adalah menanam dengan metode panen setiap hari di tiap parit lahan rumput. Dalam waktu 2 bulan  peternak butuh 60  parit dengan panjang 100 meter untuk mencukupi kebutuhan pakan 3 ekor sapi dalam sehari.


Metode ini sudah di terapkan oleh kelompok ternak Ustan Mandiri dalam mencukupi kebutuhan pakan hijauan dalam kurun 2 bulan.  Karena pertumbuhan rumput tersebut sangat baik dan bagus di kasihkan ke ternak ruminansia di kala usia 2 bulan, sehingga peternak bisa mengatur dan menjadwal pergantian masa potong dan masa pertumbuhan  rumput tersebut.

Dengan cara ini menurut ketua kelompok ternak   sangat membantu dan meringankan bagi peternak untuk mencukupi kebutuhan pakan hijauan  pakan ruminansia sehari-hari.
Peternak yang kusus pengembangbiakan ruminansia di sarankan untuk memakai metode-metode seperti yang di lakukan oleh kelompok ternak ustan mandiri untuk cara beternak lebih praktis dan ekonomis dalam hal pakan.

Menurut ketua kelompok,  pengembangbiakan  ruminansia di wajibkan memakai pakan hijauan untuk meningkatkan  kesuburan reproduksi pada hewan ruminansia agar lebih cepat di usia  birahi dan juga untuk menjaga dan meningkatkan produksi susu bagi indukan yang menyusuinya. (  ali. ustan mandiri )

Komentar

Postingan Populer