DOMBA BISA BERANAK 2X SETAHUN

ustan mandiri dolokgede
Maraknya peternakan di daerah daerah pedesaan di wilayah bojonegoro saat saat ini, tetapi di dunia peternakan masih banyak hal yang seharusnya perlu di kuasai seorang peternak untuk lebih cepat mengembangbiakan dombanya.pada umumnya peternak di tengah tengah masyarakat masih blm mau memperhatikan teknik maupun metode dalam pengembangbiakan domba, sehingga mempengaruhi lambatnya populasi ternak domba.

Tidak hanya itu saja' kebiasaan peternak mengawinkan dombanya di saat usia setahun baru indukan domba di kawinkan dengan pejantan, padahal domba bisa berahi lebih cepat dari pada kambing dan jenis lainya.
Domba menunjukan birahi pertama di usia 5 bulan sampai 6 bulan, jika peternak blm bisa mengetahui ciri-ciri  domba birahi dalam waktu 24 jam birahi domba tersebut akan hilang begitu saja.

Dari permasalahan tersebut di atas peternak harus menunggu lagi 23 hari untuk melihat perkembangan selanjutnya apakah ciri-ciri birahi nampak lagi ataukah tidak, jika tidak berarti kita harus menunggu lebih lama lagi untuk mengetahui birahi selanjutnya.
harap peternak untuk mewujudkan 2 kali beranak dalam setahun menjadi gagal total.

Menurut Ketua kelompok ternak domba Ustan Mandiri , Muhammad ali domba  bisa beranak 2 kali dalam 1 (satu) tahun, jadi beternak domba lebih cepat untuk di kembangbiakan.
Dalam pengembangbiakan domba idealnya  bibit calon indukan yang paling tepat adalah  usia 5 bulan untuk tekniknya 10 indukan 1 pejantan.

Yang perlu di di perhatikan bagi peternak pengembangbiakan adalah mengenai jenetik domba yang baik dan berkualitas/ bibit unggul, peternak yang berada di tengah-tengah masyarak kebanyakan belum mau memperhatikan dan enggal memilih pejantan unggul untuk di jadikan sebagai pemacek/ untuk mengawini betina sehingga domba domba yang di pelihara semakin lama keturunanya semakin kerdil.

Ada banyak kasus dengan hal serupa berkaitan dengan perkawinan sedarah bagi ternak kita tanpa di sadari itu akan mempengaruhi hasil keturunanya.Maka dari hal tersebut peternak butuh ilmu untuk lebih mendalami ttg cara beternak domba yang baik.

Jadi di dalam beternak tidak di anjurkan ada perkawinan sedarah supaya bisa menghasilkan keturunan yang berkualitas dan bagus,


Komentar

Postingan Populer