RUMPUT TUTON SANGAT BERBAHAYA JIKA DI BERIKAN TERLALU MUDA UNTUK DOMBA

Jenis rumput yang bisa menjadi Bloat pada domba

Kekeringan telah usai, rumput hijau dan legumpun sdh mulai menampakan daun-daunya, begitu juga rumput yang mulai tumbuh hijau di ladang dan pematang sawahpun juga ikut menghiurkan bagi ternak untuk memakanya.
Begitu pula dengan peternaknya terlena dengan bahaya yang akan menyerah ke ternak ruminansia yang di peliharanya. Kadang-kadang kita tidak menyadari bahwa rumput yang masih muda membawa mala petaka bagi ternak kita, misal rumput tuton nama yang terkenal di daerah kelompok tani ternak ustan mandiri desa dolokgede.

Rumput tuton di daerah ustan mandiri sangat tumbuh lebat di berbagai lahan maupun persawahan bahkan di hamparan perladangan. Para petanipun merasa tergagu dengan adanya jenis rumpit tersebut karena tanaman yang sudah mulai tumbuh seperti, kacang hijau tak bisa tumbuh dengan normal karena kalah dengan pertumbuhan rumput tuton tersebut.

Pada umumnya jenis rumput ini tak beracun untuk pakan domba maupun sapi,  tetapi rumput jenis ini bisa menjadi berbahaya bagi ternak kita, mengapa demikian?  rumput jenis ini bisa membuat Bloat bagi domba maupun sapi   jika masih terlalu muda kecuali di keringkan terlebih dahulu.

Rumput Tuton ini aman di kasihkan di ternak kita, tetapi dengan syarat rumput tersebut harus sudah berbunga, jika belum lebih baik rumput jangan kita kasihkan pada domba atau sapi kita.

Komentar

Postingan Populer