PEMBIBITAN LEGUM DI KELOMPOK TANI TERNAK USTAN MANDIRI

pembibitan tanaman legum untuk pakan ternak domba kambing

Mengantisipasi dan membudidayakan pakan legum untuk pakan ternak.
Ustan Mandiri membudidayakan legum sebagai pakan terbaik untuk pengembangbiakan domba kambing.

Kelompok tani ternak yang di ketuai oleh seorang pemuda Muhammad ali, memrikan contoh kepada semua anggota untuk segara membudidayakan tanaman legum. karena tanaman ini menurut ketua kelompok yang bisa tahan di saat musim kemarau, batang yang keras sehingga tahan panas dan juga tahan air.

Kandungan yang di dalam pakan tersebut sangat baik dan bernutrisi tinggi di banding pakan hijauan yang lain. salah satu peninggalan program pemberdayaan masyarakat KKN UGM yang mencetuskan pembudidayaan tanaman tersebut di kelompok tani ternak Ustan Mandiri Desa Dolokgede.

Jenis tanaman yang di kembangkan di kelompok tani ternak ustan mandiri adalah tanaman Turi, Lamtoro, Gamal, dan juga kaliandra, di samping untuk pakan kambing domba tanaman ini menurut ketua kelompok ternak juga sebagai pagar hidup di sekiling kandang agar kandang terasa sejuk dan nyaman bagi ternak kambing domba.
Turi dan Lamtoro

Melihat Bojonegoro yang kian memanas cuacanya, kelompok ternak ini memulai untuk membuat gerakan GO GREEN untuk mengembalikan kestabilan suhu udara dan cuaca di sekitarnya.
Desa Dolokgede adalah salah satu desa yang terdapak langsung dari pengeboran minyak gas dan bumi oleh PT Pertamina dan Exxson Mobile.

Musim yang sangat tepat untuk  pembibitan  legum karena sebentar lagi menghadapi musim hujan yang tujuanya untuk mempercepat pertumbuhan tanaman legum dan supaya mudah untuk merawatnya.


Komentar

Postingan Populer