PELATIHAN KOPERASI UNTUK 5 KELOMPOK TERNAK DAN 1 KUB KALISUMBER


 
Pelatihan koperasi untuk kelompok ternak desa kalisumber
Pelatihan yang di hadiri oleh 6 kelompok ternak di Kalisumber Tambakrejo, kelompok ternak maju jaya,sumber barokah,barokah jaya,rukun makmur,Mentari bersinar dan KUB sumber rejeki.

Pelatihan yang di damping oleh Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan dan Pembangunan (LPKP) Malang Kerjasama Pertamina Ep Cepu, dalam acara tersebut  LPKP  mengundang Bpk.Supardi S.sos  selaku Dinas koperasi Kabupaten Bojonegoro.

Dari beberapa materi yang di berikan Dinas koperasi Bojonegoro peserta pelatihan di beri  Pemahaman tentang awal perkoperasian, jadi koperasi terbentuk dari anggota dan di kelola oleh pengurus dan  untuk anggota.

Kordinator program Arif Hidayat menjelaskan bahwa pelatihan perkoperasian  yang di lakukan oleh lembaga untuk memicu peningkatan ekonomi  anggota kelompok dengan meningkatkan kegiatan-kegiatan yang bersifat produktif bagi personal-personalnya  yang ada di Desa Kalisumber.
  Koperasi sebagai soko guru perekonomian masyarakat merupakan lembaga yang legal  dan bersifat humanis sangat cocok sebagai pengerak ekonomi yang berbasis masyarakat desa yang sangat menjunjung rasa kekeluargaan dan gotong royong.

Ada 2 koperasi yang harus di pahami oleh para kelompok,  menurut Dinas koperasi ada koperasi Primer dan koperasi Sekunder, selain itu juga ada 3 jenis koperasi yaitu:  Koperasi Produsen, Koperasi konsumen, dan koperasi jasa. 

Dalam 2 hari di vila diklat LPKP Pujon malang  peserta di gembleng dan didik  cara menjalankan sebuah koperasi  kelompok  yang telah di rencanakan dalam waktu dekat. Desa kalisumber yang mana desa tersebut adalah desa penghasil minyak yang telah di kerjakan oleh PT Pertamina yang di juluki Kawasan” Tiung Biru “

Komentar

Postingan Populer