UGM KERJASAMA PERTAMINA BANTU TERNAK DI DOLOKGEDE

UGM KERJASAMA PERTAMINA BANTU TERNAK DI DOLOKGEDE
Desa Dolokgede yang terletak di wilayah barat kota bojonegoro tepatnya daerah kawasan ring 1  Pertamina Ep Cepu ,aktifitas  kegiatan yang aktif di lakukan oleh sekelompok ternak ustan mandiri yang di ketuai oleh seorang pemuda yang mempunyai impian membangun desa . Berbagai jenis kegiatan mereka lakukan  demi mewujudkannya sebuah impian, salah satunya adalah kegiatan ternak unggas ayam kampung super.

Ayam kampung super yang menjadi pilihan program pemberdayaan masyarakat di desa dolokgede dari Universitas Gadja Mada  kerjasama Pertamina,untuk mengangkat ekonomi para peternak yang bergabung dalam satu kelompok  ternak "Ustan Mandiri".

Koordinator program Dr. Widodo dekan fakultas peternakan memilih program tersebut berdasarkan hasil mepping  KKN yang dilaksanakan  tahun 2014 dan 2015 menghasilkan   pontensi warga yang menjadi kegiatan para warga  di bidang peternakan.

250 ekor DOC telah di bantukan oleh UGM kerjasama Pertamina pada tanggal 5 agustus 2015 di kelompok tani ternak “Ustan Mandiri”dengan koordinator ternak unggas M.Junaidi.

Pelatihan pelatihan sudah di lakukan oleh UGM  dan  KKN,  dari pelatihan faksinasi,pembuatan pakan, penimbangan berat badan dan cara merawat DOC yang aman dan sehat. Pelatihan ini menurut Koodinator tak cukup di lakukan di tepat peternak berada,  Dr. Widodo mengagendakan study banding  ke  Yogyakarta  ketempat peternakan ayam kampung super milik pak Wihandoyo.

Ada 3 tahab yang telah di rencanakan untuk pengadaan DOC ayam kampung super di kelompok ternak “ Ustan Mandiri” tahab awal yang sudah di bagikan kepada :

1.       Bp. M.Junaidi                                     : 50 ekor DOC

2.       Virgiawan listanto                               : 50 ekor DOC

3.       Suyoto                                                  : 25 ekor DOC

4.       Kusnan                                                 : 25 ekor DOC

5.       Subakir                                                 : 25 ekor DOC

6.       Germo                                                  : 25 ekor DOC

7.       Parno                                                    : 25 ekor DOC

8.       Samsuri                                                 : 25 ekor DOC

Kegiatan ini di harapkan menjadi daya Tarik masyarakat untuk membudidayakan ayam kampung guna untuk mencukupi kebutuhan  dading yang kian meningkat seirinya meningkatnya pertumbuhan penduduk. Tak dipungkiri dolokgede termasuk desa paling lambat pertumbuhan ekonomi masyarakatnya di banding desa desa sekitar kecamatan Ngambon Purwosari.

Dari beberapa persoalan tersebut UGM kerjasama Pertamina mengadakan program pemberdayaan masyarakat lewat peternakan.  

Komentar

Postingan Populer