TEBON JAGUNG DI JADIKAN PAKAN KAMBING DOMBA

Salah Satu Anggota Kelompok Ternak Ustan Mandiri Sedang menggiling Tebon (Pohon Jagung kering)
Tebon alternative  pakan domba kambing di bojonegoro di masa musim kemarau panjang. Limbah pertanian yang paling melimpah di bebrapa wilayah kabupaten bojonegoro,purwosari, temayang, sekar  dan kecamatan klino penghasil jagung terbesar di wilayah Bojonegoro Jawa timur.
 
Peternak yang berada di daerah bojonegoro menggunakan bahan pakan serat kasar dari batang pohon jagung ( tebon ) untuk di gunakan sebagai pakan fermentasi. Fermentasi memang pakan alternative kambing domba di musim kemarau. Daerah yang berlangganan kekeringan para peternak mengantisipasi agar ternak masih bisa tahan hidup para peternak mengumpulkan limbah limbah pertanian di musim kemarau.

Tak ada rumputpun yang bisa tumbuh di di sana lahan pertanian sudah mulai kering dan tanah membelah sampai 8 cm. Untuk tanaman legum tak di budidayakan oleh peternak sehingga cuaca panas yang kian membara, hutan yang  gundul mengakibatkan sulitnya bahan pakan ternak ruminansia di daerah bojonegoro kususnya bojonegoro bagian barat.

Kreatif dan inovatif yang di butuhkan seorang peternak yang berada di wilayah bojonegoro untuk bisa tetap berjalan. Ustan Mandiri kelompok ternak desa dolokgede memilih pakan alternative jenis tebon untuk di fermentasi agar ternaknya tetap bisa hidup selama kemarau panjang.  tebon agar bisa di buat pakan kelompok ternak harus memproses terlebih dahulu agar lebih lembut maksimal ½ cm agar lebih mudah domba maupun kambing mencernanya,karna rumen kambing domba lebih halus di banding rumen sapi, bahan pakan kering lebih halus.

Komentar

Postingan Populer