Ustan Mandiri, Bagaikan Sekolah Ternak Domba Bojonegoro


Kandang Penggemukan Ustan Mandiri


Bojonegoro (UstanMandiri) Tersebar di 5 lokasi yang ada di Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Kelompok Ternak Usaha Tani (Ustan) Mandiri siap berbagi ilmu dalam hal peternakan.

Terutama ternak domba ekor tipis, yang memang dikenal sebagai jenis domba tahan cuaca. Mulai dari pembuatan kandang yang menggunakan konsep mudah dan cepat, hingga bagaimana membuat pakan fermentasi dari limbah lahan pertanian.

Ustan Mandiri yang dipimpin oleh Muhammad Ali ini, memang mengkhususkan diri untuk mengembangkan domba ekor tipis dengan pakan fermentasi.
5 lokasi demlot sebagai kandang percontohan tersebut, ditempatkan di rumah sebagian dari 21 anggota Ustan Mandiri yang telah berdiri sejak 3 tahun lalu. Yakni di kediaman Muhammad Ali (RT 04/01), Ali Safi’I (RT 04/01), Adik Susanto (RT 02/01), Kisnadi (RT 06/02), serta di kediaman Virgiawan Listanto (RT 11/03).
Pemberian pakan fermentasi pada ternak.

"Saat ini ada 77 ekor, siapapun boleh datang untuk belajar bersama," ujar Muhammad Ali.

Menurut Ali, sengaja dipilih jenis domba ekor tipis yang mempunyai daya tahan lebih dibanding jenis lainnya, agar peternak dapat lebih tenang.

Selain itu, pakan fermentasi yang dikembangkan juga akan mengurangi ketergantungan peternak akan daun-daun hijau. "Kalau mau belajar bikin pakan fermentasi juga boleh," tambah Ali.
(UstanMandiri)

Komentar

Postingan Populer