Jumat, 03 Maret 2023

Siswa PKL SMK N 1 Sekar Racik Ramuan Jamu Herbal Hewan Ternak

ustan mandiri

 Bojonegoro, 3 /2/2023. Siswa PKL SMK N 1 Sekar Racik Ramuan Jamu Herbal Hewan Ternak. Semenjak munculnya beberapa virus yang menyerang di Indonesia akhir- akhir ini menjadikan masyarakatnya lebih waspada dan seletif terhadap berbagai virus dan antisipasinya.

Setelah corona menyerang  pada manusia,  kini giliran hewan ternak yang menjadi sasaran berikutnya. PMK, penyakit mulut dan kuku belum selasai, sudah muncul virus  LSD,  yang artinya, lumpy skin disease,  yang banyak menyerang di beberapa  wilayah di kabupaten bojonegoro jawa timur, terutama pada  ruminansia besar seperti sapi, kerbau.

P4S, pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya “ Ustan Mandiri “ desa dolokgede kecamatan tambakrejo kabupaten bojonegoro, jumat, 3 maret 2023 sebanyak delapan siswa PKL praktek kerja lapangan yang di adakan oleh sekolah menengah kejuaruan, jurusan ATR, agribisnis ternak ruminansia, meracik ramuan jamu untuk hewan ternak dari bahan rempah -rempah yang ada di lingkungan sekitar.

Muhammad ali, ketua P4S sebagai pembimbing  para siswa PKL memberikan praktek membuat jamu herbal dari bahan- bahan rempah berupa kunyit, temu lawak, kencur , jahe dan gula merah sebagai ilmu pengetahuan tentang perawatan hewan ternak di saat pergantian musim.

Beberapa bahan rempah seperti kunyit, bahan ini berfungsi sebagai anti biotik alami, anti kangker, mutasi DNA serta infeksi kulit. Jahe,  tanaman ini berfungsi sebagai obat gangguan pencernaan dan penghangat tubuh.  Kencur, tanaman ini bisa mengatasi peradangan dan rasa sakit. Temu Lawak , bahan jenias ini mampu mengobati antiradang dan penyembuh luka, dan yang terahir gula merah, bahan campuran ini bermanfaat sebagai kekebalan tubuh dan meningkatkan energi pada tubuh hewan ternak.

Jamu herbal tersebut sangat cocok di gunakan disaat pergantian cuaca/ pancaroba yang terjadi di indonesia, Racikan obat herbal juga sanagat bagus untuk mengantisipasi penyakit yang menyerang manusia maupun hewan ternak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar