Jumat, 26 November 2021

Ustan Mandiri Latih Kelompok Ternak Admodipuro Manfaatkan Kotoran Ternak Menjadi Pupuk Organik

www.ustanmandiri.com  Ustan Mandiri Latih Kelompok Ternak Admodipuro manfaatkan limbah kotoran ternak menjadi pupuk organik. Sebuah kelompok ternak yang terletak di Desa, Malingmati tepatnya di Dukuh, Kedungpoh Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, jumat siang 26, Nopember 2021 telah diadakan pelatihan pembuatan pupuk organik secara mandiri oleh kelompok. 
Pelatihan yang di hadiri Ustan Mandiri tersebut menjadi kebahagian tersendiri dari para pengurus dan anggota kelompok ternak dengan mendapatkan ilmu sekaligus praktek pembuatan pupuk organik dari limbah kotoran ternak. 
Kurang lebih empat kwuital bahan yang di proses bersama sama untuk di jadikan pupuk organik. 
Ada enam bahan yang telah di siapkan berupa, kotoran kambing, scam, kapur dolomit, probiotik dan tetes tebu/molases sebagai setarternya, bahan bahan tersebut dicampur menjadi satu kemudian ditutup dengan terpal selama stubulan sampai dua bulan batu bisa di aplikasikan. 
Menurut Ali Ustan Mandiri, bila bahan sudah agak lama, maka prosesnya tidak membutuhkan waktu lama menjadi pupuk, bila bahan kotoran ternak baru bisa butuh waktu dua bulan untuk  memprosesnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar