Waspadai Retensi Plasenta Pada Induk Sapi Yang Baru Melahirkan.

www.ustanmandiri.com  Waspadai Retensi Plasenta Pada Induk Sapi Yang Baru Melahirkan.  Apabila Plasenta tidak bisa keluar dalam waktu 24 jam, sapi indukan hal tersebut perlu diwaspadai, karena bisa terjadi infeksi pada reproduksi indukan yang baru melahirkan.  
Bila terjadi seperti ini segeralah memanggil petugas atau Dokter Hewan yang terdekat dari posisi anda, karena kejadian ini segera  ada tindakan agar indukan sapi tak mengalami ganguan reproduksi dan bisa mengakibatkan kawin berulang.
Biasanya indukan yang kena "Retensi Plasenta" Bisanya terjadi  sapi tersebut kekurangan mineral, selain itu juga kekurangan vitamin d e,  kegemukan, pas lahir anak ditarik paksa terlalu kuat dan lahir abnormal. 
Untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi makan kita di anjurkan memberikan Mineral sebagai pakan tambahan, mineral sangat mudah di dapatkan ditoko peternakan, apabila peternak kesulitan mendapatkan, peternak bisa membuat sendiri  dari bahan cangkang kulit telur, caranya cangkang kulit telur di panaskan dengan bahan bakar kayu setelah itu dihaluskan. 

Komentar

Postingan Populer