Giliran SMK Negeri 4 Bojonegoro Dapat Ilmu Inovasi Pakan dari P4S Ustan Mandiri

www.ustanmandiri.com  Giliran SMK 4 Bojonegoro Dapat Ilmu Inovasi Pakan di P4S Ustan Mandiri.  
(Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan) P4S Ustan Mandiri Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, selalu menjadi tempat pelatihan dan permagangan. 

Rabu 23 Juni 2021, Instruktur P4S Ustan Mandiri mendidik dan melatih para siswa magang SMK Negeri 4 Bojonegoro membuat kosentrat pakan ternak rumenansia, sebanyak empat siswa magang yang telah dilatih sekaligus praktek langsung bersama di rumah pakan di Desa Dolokgede. 

Dalam praktek pembuatan kosentrat ada beberapa bahan bahan baku yang di perkenalkan dan di jelaskan berbagai fungsi dan nutrisi yang terdapat dalam bahan tersebut. 

Bahan yang digunakan kosentrat sebagian besar memanfaatkan limbah pertanian lokal dan ditambah beberapa bahan limbah pabrik untuk meningkatkan kwalitas dan kuantitas kosentrat pakan ternak. 

Bahan serat di ambilkan dari limbah pertanian, seperti limbah jagung, limbah kedelai, limbah padi dll. Sedangkan karbohidratnya juga di ambilkan dari limbah pertanian lokal juga seperti katul/dedak padi, jagung maupun singkong, untuk protein di ambilkan dari limbah pabrik seperti kopra dll. 

Maka dari itu di P4S Ustan Mandiri pesera magang diwajibkan untuk produksi pakan ternak agar supaya peserta magang mampu menguasai ilmu pengetahuan tentang pakan ternak berupa kosentrat. 




Komentar

Postingan Populer