Tanggap Darurat, PTP Kecamatan Tambakrejo Tangani Prolapus Sapi Kelompok

 

Penanganan Prolapus

www.ustanmandiri.com    Tanggap Darurat, PTP  Kecamatan Tambakrejo Tangani Prolapus Sapi Kelompok.   KTT (kelompok tani ternak) Ustan Mandiri Desa Dolokgede Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, siang tadi 16 Desember 2020 sapi kelompok yang di gaduh oleh salah satu anggota kelompok yang bernama Jarto RT  (Rukun tetangga) 03 Desa Dolokgede telah melahirkan pedet dengan jenis kelamin betina dan terjadi prolapus setelah melahirkan.

PTP (Petugas teknis peternakan) Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro Lilik Sulistya yang bertugas di wilayah Kec. Tambakrejo bertindak cepat setelah mendapatkan laporan  dari pengurus kelompok, menurut PTP, posisi Sapi tidak di perbolehkan dengan keadaan, terlentang darus di jerumkan karena sapi tersebut akan merejan terus menerus bila terlentang, selain itu yang lebih penting lagi menurut petugas uterus harus ditutupi kain basah sambil menunggu petugas datang.

“ Uterus dipertahankan sejajar dengan vulva agar pada waktu reposisi atau memasukkan uterus pada tempatnya lebih mudah” kata PTP Lilik Sulistya seusai penanganan prolapus, disamping menangani prolapus PTP juga memberikan arahan kepada anggota kelompok yang sapinya mengalami prolapus tersebut.

Dengan keseriusan PTP Kec. Tambakrejo dalam menangani dan melayani sapi kelompok peternak tersebut akhirnya indukan bisa diselamatkan.

Komentar

Postingan Populer