Empat KTT di Desa Malingmati Tambakrejo dilatih Bikin Kosentrat Pakan Ternak.

 


ustanmandiri.com  Empat KTT di Desa Malingmati Tambakrejo dilatih Bikin Kosentrat Pakan Ternak. Pemberian bekal terus dilakukan untuk mencetak para peternak menjadi kreatif dan inovatif.

Program pemberdayaan kusus para peternak terus dilakukan, kamis,27 agustus 2020 bertempat di Balai Desa Malingmati, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Dinas Peternakan dan Perikanan mengundang empat KTT (Kelompok Tani Ternak) yang berdiri di desa tersebut dilatih membuat kosentrat komplit.

Wiwik Sulistya, Kepala Bidang Agribis Disnakan Bojonegoro menjelaskan, tujuan pelatihan pembuatan pakan ternak adalah mencukupi usulan Desa melalui musrenbang dan menumbuhkan kelembaggaan/kelompok ternak baru maupun penguatan kelembagaan yang sudah ada, selain itu juga meningkatkan SDM peternak terkait peningkatan kualitas gizi pakan ternak melalui pelatihan dalam rangka meningkatkan keuntungan dalam beternak dengan menekan biaya pakan ternak dengan kualitas pakan yang tetap terjaga sesuai tujuan usaha.

Narasumber sekaligus instruktur pakan, Muhammad ali dari KTT Ustan Mandiri Dolokgede juga mengatakan, pelatihan pembuatan pakan ini untuk menambah pengetahuan peternak bahwa banyak limbah limbah pertanian yang berada di sekitar kelompok belum termanfaakan dengan baik.

“ Saya melihat di Desa ini masih banyak limbah pertanian seperti slamper, rendeng kancang yang masih banyak di bakar” ucapnya saat memberikan materi tentang bahan-bahan pakan kosentrat.

Di tempat yang sama Petugas Teknis Peternakan (PTP) Lilik Sulistya, Kec. Tambakrejo menambahkan “ mulai saat ini, setelah njenegan dilatih monggo njenegan praktekan di kelompoknya masing-masing” imbuhnya.

Salah satu anggota kelompok “ Putune Mbah Dipo” mengaku senang, karena selama ini belum pernah ada yang namanya pelatihan membuat pakan ternak di Desa Kami.

 

Komentar

Postingan Populer