SPR “ Lembu Berkah “ Kec, Malo di Latih Bikin Inovasi Pakan Ternak


Ustanmandiri.com   SPR “ Lembu Berkah “ Kec, Malo di Latih  Bikin Inovasi Pakan Ternak.   Gabungan Kelompok Tani Ternak tiga Desa di wilayah Kecamatan Malo, yakni Desa Tanggir, Desa Semlaran dan Desa Trembes, senin 27 Juli 2020 pukul 11 : 00  tempat di kediaman Kepala Desa setempat dilatih membuat berbagai pakan ternak rumenansia oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Pakan ternak yang diajarkan serta di praktekanya langsung bersama Praktisi dari KTT Ustan Mandiri Dolokgede yakni kosentrat, silase dan fermentasi.

Kepala Bidang ( Kabid) Agribis Disnakan, Wiwik Sulistya, menjelaskan bahwa SPR (sekolah peternakan rakyat) yang baru berdiri sejak 2019 harus mampu menguasai tentang inovasi pakan ternak, oleh sebab itu SPR mulai dididik agar kedepanya sudah terampil.

Untuk itu Kabid Agribis berpesan kepada seluruh anggota maupun pengurus SPR agar lebih semangat dan meningkatkan sumber daya manusianya (SDM) untuk lebih meningkatkan usaha peternakan tidak hanya sebagai usaha sambilan tetapi menjadi usaha bisnis yang sangat menguntungkan.

Di tepat yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Disnakan  Drh.Catur Rahuyu K , berharap di SPR “Lembu Berkah” harus ada demplot rumpu gajah hijauan pakan ternak, “ Sesuwai anjuran Bupati Bojonegoro Kecaatan Malo harus mempunyai demplot hijauan pakan ternak (HPT) “ tuturnya saat membukan acarak Bina Usaha di SPR Lembu Berkah dini hari.

Praktisi dari KTT Ustan Mandiri Muhammad ali, “ Kunci suksesan Peternak adaah teretak pada pakan” ungkapnya saat memeberikan pelatihan bina usaha pakan ternak di SPR tersebut.

Menurut Ali membuat pakan ternak dalam bentuk Kosentrat maupun komplit feed dan Fermentasi sebaiknya menggunakan limbah yang ada di sekitar wilayah peternak, supaya biaya pakan bisa ditekan dan juga tak mengurangi kwalitas dan kontinewitas bahan.

Komentar

Postingan Populer