Hijauan Pakan Ustan Mandiri Hanya Bisa Bertahan Dua Bulan Kedepan


Ustanamandiri.com     Hijauan Pakan Ustan Mandiri Hanya Bisa Bertahan Dua Bulan Kedepan, prediksi  tentang ketersediaan hijauan pakan sapi kelompok ustan mandiri diperkirakan hanya mampu terpenuhi dua bulan kedepan.

Empat hektar lahan hijauan ruput gajah milik KTT (kelompok tani ternak  ustan mandiri mengalami keterlambatan pertumbuhan, musim kemarau akibatkan debit air menurun dan curah hujan minim, rumah pompa irigasi milik KTT yang di banguan pada tahun 2019  juga tidak dapat dioperasikan akibat jembatan air irigasinya terputus.

Oleh karena itu  untuk mengatisipasi kelangkaan hijauan KTT menanam jagung untuk ketersediaan kelangkaan hijauan pakan, sapi sapi betina indukan produktif harus selalu tersedia hijauan untuk menjaga kesuburan reproduksi pada sapi indukan tersebut.

Menurut Ketua Ustan Mandiri kebutuhan yang diperlukan sapi betina produktif adalah 70% hijauan dan 20% pakan tambahan “ Kebutuhan pakan hijauan untuk sapi indukan adalah 70 % yang 20%nya pakan tambahan “  ungkapa Ali ketua KTT .

Maka dari hal tersebut ketua KTT menanam jagung ¼ hektar = 2500 meter persegi untuk ketersediaan pakan hijauan di musim kemarau untuk memenuhi pakan dikandang belajar  kelompok.

Komentar

Postingan Populer