PKB, Tentukan Positif dan Negatif Kebuntingan Pada Sapi Induk


ustanmandiri.com   Pentingnya PKB bagi peternak pembibitan untuk menentukan keberhasil IB pada sapi indukan, pengetahuan peternak tradisional banyak yang enggan untuk memeriksakan sapi indukannya, entah hal tersebut belum banyak di ketahui atau memang minimnya pengetahua.

Indukan sapi yang pernah  dikawin suntik oleh petugas IB (iseminasi buatan) dua bulan yang lalu, jika indukan tersebut tidak mengalami birahi lagi bisa di indikasikan bahwa indukan sapi tersebut positif bunting.

Hal tersebut tidak semua indukan sapi bisa dikatakan bunting, kadang sudah di fonis bunting tiga bulan ternyata indukan tersebut mengalami birahi lagi, kejadian seperti ini akan merugikan peternak dalam hal pakan selama dua bulan.

Untuk menyakinkan bahwa sapi indukan tersebut Dinas Peternakan memakai metode perabaan janin yang di sebut Pemeriksaan Kebuntingan /PKB. Teknik berikut hanya bisa dilakukan oleh petugas yang sudah ahli dibidang tersebut serta sudah bersertifikat uji kopentensi.

Lilik Sulistya, Petugas Teknis Peternakan Tambakrejo yang sudah mahir mendeteksi kebuntingan sapi dengan teknik perabaan dan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.

Rabu, 24 juni 2020 di kandang percontohan KTT (kelompok tani ternak) Ustan Mandiri Ds. Dolokgede Kecamatan Tambakrejo Bojonegoro Jawa timur, telah di PKB 2 ekor indukan sapi kelompok yang di IB pada tanggal, 25 maret 2020 dan tanggal, 1 april 2020, kini dinyatakan positif kedua duanya.

Menurut Ketua Kelompok, Muhammad ali, setiap anggota kelompok wajib memeriksakan sapi indukan yang pernah di IB satu bulan setengah yang lalu, untuk memastikan bahwa indukan sapi tersebut benar-benar positif atau negatif bunting.

Dengan cara seperti ini akan sangat menguntungkan dan rasa semangat peternak dalam menjalakan kegiatan beternak dipembibitan.

" salam beternak dari KTT Ustan Mandiri"


Komentar

Postingan Populer