Tetap Exsis, Usaha KTT Ustan Mandiri Making Berkembang


 
Anggota KTT Ustan Mandiri sedang melayani pembeli Sosis
Ustanmandiri.com      Tetap Exsis, Usaha KTT (kelompok tani ternak) Ustan Mandiri Makin Berkembang.  Meningkatkan ekonomi anggota, KTT sangat tepat memberikan terobosan terobosan inovasi bagi para peternak yang bergabung di kelompok.

Selain beternak, beberapa anggota melakukan kegiatan rutin untuk mendapatkan tambahan ekonomi keluarga, salah satunya adalah berjualan keliling, Sosis, tempura, sempol, pentol dan es lilin sebagai barang daganganya. Usaha ini sudah terbangun sejak tahun 2017 lalu sebagai program inovasinya kelompok tani ternak.

Enam unid gerobak yang telah diserahkan langsung oleh kelompok kepada anggota yang berwirausaha dagang keliling, selain dipinjami permodalan,anggota juga dipinjami gerobak secara gratis, hanya diwajibkan untuk merawatnya. 

Rp. 500,000 hingga Rp. 1.000.000  per anggota sebagai modal awal untuk melakukan kegiatan berjualan. Aneka produk dari peternakan yang menjadi prioritas jajanan untuk dijual oleh anggota dan dipasarkan keliling, dari usaha ini diharapkan KTT Ustan Mandiri kedepan mampu memproduksi sendiri beraneka ragam  jenis produk makanan olahan dari hasil ternak.

Anggota sampai saat ini masih menggunakan produk dari hasil pabrikan, sebab kebutuhan pasar belum begitu besar untuk memproduksi olahan sendiri.

Menurut Dakit, salah satu pedagang keliling berharap kedepan kelompok mampu memproduksi sendiri, agar tidak ngambil dari  hasil produk lain, “ semoga kedepan KTT sudah mampu memproduksi hasil olahan sendiri “  kata dakit salah satu pedagang sosis.

Program jangka panjang KTT tetap berusaha untuk memproduksi hasil makan olahan dari hasil peternakan sendiri.

Komentar

Postingan Populer