Ademos dan PEPC Gelar Pelatihan Budidaya Sapi

 ustanmandiri.com   Pelatihan Budidaya sapi yang digelar Lembaga Swadaya Masyarakat,  Ademos (asosiasi demokrasi untuk kesejahteraan sosial) kerjasama Pertamina EP Cepu  PEPC di wilayah Desa terdampak projek jambaran tiung biru JTB 21/11/2019.

Sebagai tanggung jawab soaial terhadap masyarakat yg terdapak kegiatan tambang,  perusahaan pertamina PEPC wilayah JTB gencar melakukan pemberdayaan diberbagai Desa yang terkena dapak proyek tambang, salah satu Desa yakni Pelem Kec. Purwosari, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.  Untuk menyukseskan program sosial, perusahaan menggadeng mitranya melakukan sosialisasi, perencanaan kegiatan dan pendampingan.
 
Salah satu mitranya adalah Ademos, Ketua Ademos M.Kundhori menjelaskan bahwa perusahaan dan lebaga telah fokus mengangkat ekonomi pedesaan yang terdampak proyek tambang.
" Ademos dan PEPC focus kawasan ekonomi pedesaan, salah satu bentuk yang didorong adalah bisnis peternakan Sapi" kata Dhori ketua ademos.

Seiring dengan tumbuhnya banyak kelompok ternak diwilayah Tambakrejo dan Purwosari menjadi inspirasi bagi BUMDes Desa Pelem untuk mencoba bisnis peternakan sapi.
Salah satu contoh bisnis peternakan yang sukses adalah dari kelompok ternak ustan Mandiri Desa Dolokgede.

Menurut ketua kelompok ustan mandiri, hanya ada empat kunci bila usaha tersebut kepingin sukses,   " kunci sukse beternak hanya ada empat, yakni ilmu, pakan, kandang dan ternak" tutur Ali pemuda asal Desa Dolokgede dan juga kader Sinau Bareng Ademos.





Komentar

Postingan Populer