" Waspada" Torsio Bisa Mengacam Sapi Indukan Bunting


 
Proses mengembalikan uteri mluntir pada indukan sapi yg akan melahirkan

Ustanmandiri.com    Beternak sapi sangatlah mudah dibanding beternak kambing dan domba, hewan ruminansia yang satu ini mempunyai kelebihan daya cerna yang lebih bagus mampu mencerna dari segala rumput yang tumbuh segala tempat.

Akan tetapi, jika manajemen pemeliharaanya yang salah  peternak akan mengalami kerugian yang besar pada usahanya, sebaliknya, bila  system pemeliharaanya baik dan benar maka akan menjadi sumber pendapatan yang lebih baik terhadap peternak itu sendiri.

Senin, 23 sepetember 2019, pukul 11:00 telah terjadi torsio yang menimpa sapi salah satu warga butuh penangana kusus untuk mendapatkan pertolongan.

Di Dukuh Doloktengah tepanya Rt 07, Desa Dolokgede, Kecamatan tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro jawa Timur. Sapi indukan milik Karidin 60 th, warga setempat, mengalami torsio susah melahirkan karena mengalami uteri meluntir.

Kejadian tersebut langsung di tangani oleh  tiga orang petugas teknis peternakan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro untuk segera dilakukan pertolongan agar sapi indukan selamat dari kejadian,  Salah satu petugas, Lilik Sulistya mengatakan “ Indukan sapi yang mengalami kebunting tua butuh perlakuan kusus agar pedet dan induknya selamat dari proses kelahiran”

Selain itu Lilik menambahkan “ Perlu diperhatikan oleh para peternak, bahwa sapi bunting memerlukan vitamin yang cukup , dan lantai kandang nyaman  jangan  terlalu miring” tandasnya.

Kejadian tersebut menurutnya  banyak disebabkan oleh beberapa factor yang lain, yang  tanpa disadari oleh peternak,  kurang gerak’ adalah salah satu penyebabnya, selain itu kandang tidak merata bisa menyebabkan torsio pada indukan bunting.

Ternak yang lama dikandangkan akan banyak mengalami penurunan kesehatannya maka ternak tersebut butuh olah raga untuk menjaga kesetabilan kesehatan tubuhnya.

Diguling kekanan dan kekiri adalah salah satu cara yang dilakukan oleh ketiga petugas kesehatan hewan untuk mengembalikan uteri yang mengalami mluntir pada sapi bunting tua menjelang melahirkan.

Apabila torsio tidak dapat kembali dengan normal maka pedet yang berada dalam kandungan induk tak dapat dilahirkan dan indukan akan mengalami kematian. (Muhammad ali)

Komentar

Postingan Populer