125 Ekor Sapi Indukan Produktif di Kalisumber diperiksa Bidang Keswan Bojonegoro

Nglawang,  Tim Keswan memeriksa Indukan Sapi di peternak Ds. Kalisumber

Ustanmandiri.com    Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro,21 agustus 2019 melakukan pemeriksaan 125 ekor sapi indukan produktif untuk mendeteksi adanya Ganguan Repruduksi (GANGREP) pada indukan di Ds. Kalisumber Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur 

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Bidang (KABID) Keswan Drh. Sugiarti Sri Rahayu  menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menanggulangi gangguan reproduksi pada sapi indukan produktif, selain pemeriksaaan pada Organ Reproduksi kegiatan ini juga memberikan pengobatan gratis pada sapi indukan, pemeriksaan ini diharapan dapat meningkatkan populasi ternak sapi di Desa Kalisumber.

“Bila terdapat sapi indukan minta kawin pada kegiatan ini petugas Iseminator bersama tim langsung melakukan Iseminasi Buatan (IB) “ Tutur Drh. Sugiarti Sri Rahayu  Dokter Hewan yang memimpin jalanya kegiatan di lokasi saat konfirmasi ustanmandiri.com

Di tempat yang sama Petugas Teknis Peternakan (PTP) Kecamatan Tambakrejo Lilik Sulistya mengatakan  untuk meminimalisir Gangrep pada sapi indukan produktrif  kegiatan tersebut diarahkan ke Kalisumber  “ Desa Kalisumber banyak terdapat sapi kawin berulang-ulang sehingga kegiatan ini saya arahkan ke sini” Ujar Mantri Hewan alumni Transfer Embrio Cipelang tersebut.

Selain itu PLT Pelaksana Tugas Kepala Desa Kalisumber, Suparman SH  merasa sangat senang, menurutnya kegiatan tersebut sangat membantu para peternak yang berada di Desa, kebetulan ternaknya mengalami terganggunya pada reproduksi.  “ Kegiatan ini bagus sekali, dan perlu dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan” Kata PLT Kades, saat di konfirmasi lewat nomor seluler pribadinya. 

Dibalik kegiatan itu, salah satu peternak yang bernama Sarjono Rt 03 Rw 01  merasa senang  " Saya merasa senang adanya kegiatan dari Dinas, karena menurut saya kegiatan ini sangat membantu kepada kami dalam hal beternak" menurutnya " Seharusnya tidak hanya kegiatan Gangrep saja yg dilakukan di Desa Kami, kegiatan yang lain juga sangat kami harapkan" tutur  pria berkulit sawo matang sambil mengelus ngelus sapinya.  (ali)

Komentar

Postingan Populer