Silase Pakan Penghemat Tenaga,Waktu & Biaya


Siswa SMKN Sekar Berikan Pakan Silase di Kandang Ustan Mandiri
ustanmandiri.com - Peternakan Ustan Mandiri (usaha tani ternak mandiri) Desa Dolokgede,Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, di waktu penghujan dikala hijauan pakan sangat melimpat untuk diawetkan, kelompok telah mempunyai teknik yang sudah dikembangkan sejak tahun 2012 lalu, yakni inovasi pakan silase.

Pakan ini mempunyai kelebihan yang cukup siknifikan, di samping menghemat tenaga, waktu dan biaya, silase mengandung nutrisi yang sangat bagus bagi rumenansia.
Bau yang harum membuat ternak rumenasia menjadi lahap memakanya.

Untuk membuat pakan silase sangatlah mudah untuk dilakukan siapapun termasuk kelompok peternak, bahan yang perlu disiapkan yaitu hijauan berupa  rumput-rumputan, limbah pertanian jerami padi, jagung, kacang hijau dan lain-lain.
untuk pelengkap selain hijauan juga dibutuhkan pakan penguat seperti dedak yang berfungsi utk menambah nutrisi dalan kandungan hijauan, selain itu dedak berfungsi sebagai penyerap kadar air yang didalam hijauan.

Untuk membuat nafsu makan  ternak jadi meningkat dibutuhkan bahan tambahan yang dinamakan molase atau tetes tebu, tetes tebu selain berfungsi sebagai pengharum bahan ini juga sangat penting bagi ternak  untuk meningkatkan setamina dan energi.

Pakan ini sangat cocok untuk penggemukan dan pengembangbiakan (ali)

Komentar

Postingan Populer