Empat Siswa Magang Mengidentifikasi Hijauan Pakan Rumenansia

Ketua Kelompok Menjelaskan Kandungan Nutrisi Pada Rumput Gajah Odot di Lahan Ustan Mandiri Dolokgede
Peternakan - Kelompok Tani Ternak Ustan Mandiri Desa Dolokgede Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur,  mengajak empat siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Sekar memperkenalkan pakan utama yang di gunakan kelompok baik pengembangbiakan maupun penggemukan.

Rumput gajah sebagai pakan utama yang telah dibudidayakan kelompok seluas tiga hektar di dua tempat di lahan anggota kelompok.
Menurut Ketua Ustan Mandiri, Ali, sejarah hijauan di Desanya berawal dari perjuangan beliau, sejak itu Ali pernah dibuly masyarakat karena sikap inovasi yang aneh menjadi bahan cibiran banyak orang.

Lahan satu hektar ditanami rumput gajah dianggap jiwanya setress, tetapi cibiran dan bulyan tak didengarnya terus maju dan maju sehingga kini mendapatkan pujian dan banyak masyarakat yang menirunya.

Kini kandang dan lahan rumput miliknya sering mendapat kunjungan belajar para peternak dari luar daerah. Bulan januari 2019 KTT Ustan Mandiri di percaya oleh salah satu SMK Negeri di Bojonegoro untuk dijadikan tempat magang para siswa siswinya di jurusan agribisnis.

Mengidentifikasi pakan hijauan adalah ilmu dasar yang diberikan untuk pengetahuan siswa untuk lebih mengenal lebih detail tentang kandungan nutri  yang ada didalam hijauan tersebut.
Ada tiga Rumput yang dikenalkan, yakni rumput lapang, gajah odot dan setia sebagai pengetahuan mereka.


Komentar

Postingan Populer