Disnakan Bojonegoro Lakukan Evaluasi Uji Performan Sapi Kelompok


Kabid Budidaya mengevaluasi uji performen sapi di sekertariat ustan mandiri Dolokgede
ustanmandiri.com - Dinas Peternakan dan Perikanan lakukan evaluasi uji performan sapi dikawasan wilayah sumber bibit sapi PO (peranakan ongole) Tambakrejo.
Evaluasi yang dihadiri enam kelompok tani ternak tersebut ditempatkan di sekertariat ustan mandiri Desa Dolokgede Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro jawa timur.
Dalam Upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) kususnya pengurus kelompok Dinis Peternakan melalui (Kabid) Kepala Bidang Budidaya gelar pertemuan kusus yang membahas tentang hasil pengukuran sapi yang dilakukan beberapa bulan yang lalu.
Kabid peternakan Elfia Nuraini manyayangkan banyak sapi yang tak seharusnya di ukur tetapi masih saja di ukur;  "Masih banyak pengukuran sapi yang tidak sesuwai dengan (Setandar Nasional Indonesia)  SNI " tuturnya, saat memberikan evaluasi ke enam kelompok ternak di Kec. Tambakrejo disekertaria ustan 13/11/2018 selasa sore.
Menurut Kabid, hal tersebut banyak disebabkan kurangnya pemahaman peternak dalam mengikuti sosialisasi bulan april yang lalu,  sehingga pengukuran sapi belum bisa maksimal.
70 % hasil yang didapat menunjukan keberhasilan para kelompok tani ternak dalam pengukuran sapi 30% melenceng dari taget awal.
Selain itu, Kasi Budidaya Purwati  mentargetkan tidak kuarang dari 1000 ekor yang akan dilakukan uji performen dikawasan wilayah sumber bibit di kecamatan tambakrejo. " Uji performan hanya mendapatkan 542 ekor, masih jauh dari rencana yang ditargetkan "tandanya saat memberikan laporan di evaluasi ujiperformen.
Ditempat yang sama, Hantoro selaku pengawas pembibitan  menjelaskan masih banyak hal dalam pengngukuran sapi yang perlu diperhatikan oleh para kelompok terutama pada sapi jantan " Teknik pengkuran sapi ada tersendiri perlakuanya terutama pengngukuran pada buah zakar sapi jantan" jelasnya disaat memberikan pemahaman para kelompok.
Buah zakar yang terlalu kecil dan besar menunjukan bahwa sapi tersebut kurang sehat menurutnya.

Komentar

Postingan Populer