Waspada Dengan Penyakit Myasis Pada ternak Sapi

ustanmandiri.com  Para peternak perlu  mewaspadai dengan adanya lalat yang menghinggap ternak di saat musim penghujan tiba, jangan anda terlena dengan kebersihan kandang dan juga perawatan yang insentif bagi ternakternaknya.

Penyakit Myasis pada ternak sapi

Di desa Mulyorejo Kec. Tambakrejo sapi milik pak Jasmungin dusun Jatikenong Mulyorejo telah terkena penyakit myasis dekat dengan kelopak mata sebelah kiri, penyakit ini disebabkan oleh parasit yang menempel di kulit dan mengalami pecah kulit  akhirnya menimbulkan luka pada pelipis mata dan akhirnya dihinggapi lalat.

Dari hal tersebut bisa menimbulkan sarang telor lalat yang menghinggap pada luka tersebut, untuk mengantisipasi kejadianya penyakit myasis ada beberapa tips untuk para peternak kecil bisa gunakan obat semprot GUSANEX tapi jangan ternak mata, untuk menggunakan caranya gusanek di semprotkan di tangan dengan carak dekat  lalu di oleskan di sekitar luka agar lalat tak lagi hinggap di area luka tersebut.

Jika luka sudah ada belatungnya makan anda harus membersihkan dan mengambil belatung sampai bersih dengan memakai  japit kecil lalu di bersihkan dengan air setelah itu baru di kasih anti biotik dan di injek dengan Don ma dryl.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi maka anda  membersihkan luka pada kulit sapi secara rutin dan di kasih obat anti lalat untuk mencegah lalat yang suka hinggap di bagian- bagian luka pada kulit sapi

Bila ini terjadi pada ternak anda segera anda mebersihkan sapi anda pakai air hangat dengan rutin sebelum telur lalat menetas menjadi belatung. jika anda terlambat maka yang akan terjadi sama dengan sapi pak Jasmungin asal Mulyorejo tersebut.

Memandikan ternak sangatlah penting agar parasit yang menmpel dari kotoran- kotoran tanah bisa luntur dan hilang tidak hanya itu manfaat sering di mandiin bisa membuka pori-pori kulit sapi sehingga kulit sapi bisa menjadi tebal dan kelihatan segar.

Kebanyakan peternak blm bisa memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan ternaknya sehingga ternak merasa tidak nyaman dan akhirnya pertumbuhan berat badan tidak bisa maksimal.
Tempat dan kenyamanan ternak menjadi syarat mutlak untuk memulai beternak.

Ternak juga membutuhkan kebersihan sama dengan manusia layaknya, jika pemilik ternak tak memperhatikan kebersihan dan juga perawat pada ternaknya dengan baik makan peternakpun jangan berharap  akan di sejahterakan olehnya.


Komentar

Postingan Populer