Belajar Dari Yogyakarta Hingga ke Australia

Kebahagiaan peternak bisa tercapai jika ternak yang di pelihara bertahun tahun dapat pula membalas kesejahteraan peternaknya,  profesi yang di lakukan oleh Muhammad ali 36 tahun warga desa dolokgede kecamatan tambakrejo ini sudah  beternak selama 6 baru 2 tahun merasakan hasilnya sesuwai apa yang telah di cita- citakan.

Ustan Mandiri Dolokgede
Menjadi farmer adalah cita - citanya sejak masuk di Lembaga Swadaya Masyarakat ademos (asosiasi demokrasi untuk kesejahteraan sosial ) pada tahun 2007. 
Melihat peternakan yang berada di desanya, Ali termotivasi dari cara beternak yang pernah dia kunjungi ketika study lapang di desa Bangun Tapan Bantul dan Kec. Turi Sleman Yogyakarta dan yang terahir di Australia tahun lalu.

Dari situlah ali ingin merubah sistem manajemen peternakan terpadu di desa dolokgede, dari tahun 2012 hingga tahun 2017 perubahan sistem peternakan di desa tersebut mengalami perubahan tentang manajemen  70%, peternak kambing domba mengalami peningkatan yang cukup lumayan di banding sebelunya.

Tradisi menanam rumput dan Legum untuk ternak menjadi kebutuhan yang paling prioritas  bagi peternak di desa tersebut.
Ali memberikan percontohan peternakan terpadu sebagai contoh kepada masyarakat sekitardesa dolokgede dengan harapat masyarakat dapat meniru apa yang telah di lakukan olehnya.

Sebagai contoh di hadapan masyarakat tidaklah mudah dan lancar dalam melakukan berbagai kegiatan, masyarakat enggak meniru dan mencoba  sebelum melihat seberapa tingkat keberhasilanya.

Di awal tahun 2015 ustan mandiri mulai naik daun dan dapat membuktikan di hadapan masyarakat bahwa apa yang mereka lakukan selama ini terbukti dan bisa di nikmati olehnya.
Dengan domba 34 ekor dan kambing 10 ekor menjadi bukti nyata atas keberhasilanya sebagai peternak di desa, selain itu ali juga beternak sapi 6 ekor indukan dan sekarang menjadi 14 ekor.

Di ustan mandiri memakai sistem peternakan terpadu yang artinya di mana peternakan tersebut telah mempunyai lahan hijauan pakan sendiri yang sudah terkonsep sejak awal sebelum melakukan kegiatan beternak.

Deangan lahan 1 hektar mampu mencukupi kebutuhan pakan sapi  dengan jumlah 14 ekor yang mana lahan tersebut di tanami rumput setia.  Untuk memenuhi kebutuhan pakan kambing  tepi rumput setia di tanami leguminosa atau tanaman rambanan  sebagai pagar hidup dari tanaman rumput.

Komentar

Postingan Populer