Rapat Kordinasi Program Mandiri UMKM Kelompok Ternak Ustan Mandiri

Perkumpulan masyarakat yang tergabung sebuah komunitas ternak Ustan Mandiri Dolokgede, siang tadi 13 Nopember 2017 mengadakan rapat kordinasi antar anggota.
Dalam pertemuan yang di hadiri pengurus serta anggota  membahas program mandiri kelompok untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.
ustan mandiri dolokgede
Ustan mandiri dalam programnya UMKM ( usaha mikro kecil menengah ) bulan ini dalam tahapan pembentukan pengurus devisi UMKM serta Koperasi simpan pinjam kelompok.
Program yang yang di rencanakan di lonching bulan desember 2017 mendatang telas di persiapkan dan di musyawarahkan bersama sama. 

Di ustan mandiri juga sudah terbentuk sebuah koperasi simpan pinjam yang di danai oleh dana desa dolokgede dengan jumlah Rp. 25.000.000.
Dari uang tersebut Rp. 8.000.000 untuk di gunakan sebagai pengembangan usaha mikro kecil menengah dalam bidang penjualan pentol bakso, sosis dan cilok  jajanan keliling.
Untuk mendapatkan kucuran dana desa tidaklah mudah, kelompok ustan mandiri  butuh bukti yang dapat di lihat oleh pemerintah desa sebagai wujud peduli ikut membangun desa lewat peternakan.
Ketua ustan mandiri muhammad ali telah membuktikan ke pada publik maupun pemerintah desa bahwa kelompoknya sudah menjadi aiconya desa serta telah menjadi percontohan peternakan di daerah takbakrejo serta percontohan peternakan daerah bojonegoro.

Gelar yang di sandang olehnya dari Bapak Bupati Bojonegoro Kang Yoto pada hari jadi kabupaten bojonegoro yang ke 340 adalah sebagai pelopor pemuda di bidang peternakan yang di gelar pada saat upara di alun alun kota bojonegoro.

Dari beberapa prestasi yang telah di capainya menjadi pertimbangan bagi desa untuk memperhatikan dan meningkatkan kegiatan kelompok ternak ustan mandiri, maka desa memberanikan diri untuk  mengucurkan dan pemberdayaan masyarakat dari dana desa.

Kegiatan rapat pengurus dan anggota tersebut di hadiri oleh Dinas Peternak dan Perikan Bojonegoro dalam hal ini di wakili oleh Petugas Teknis Lapangan PTP Kec. Tambakrejo Lilik Sulistiya , untuk memberikan pembinaan serta pengetahuan tentang gendala di dunia peternakan.
Adapun dari hal tersebut PTP juga menjelaskan tentang rekoder kelompok ustan mandiri di kabupaten maupun provinsi bahwa kelompok tersebut terbaik dan banyak ide inovasi kreatif dalam melaksanakan kegiatan peternakan.
Banyak kelompok di bojonegoro yang mulai teropsesi terhadap kelompok ternak Ustan Mandiri untuk di jadikan contoh serta menginfirasi beberapa kegiatan kelompok.
Selain itu PTP juga memberikan pelatihan dan arahan untuk pengetahuan anggota peternak agar dapat dan mampu membedakan  bentuk dan warna ekstrus pada sapi birahi serta sapi bunting.

Selain itu tentang reproduksi pada sapi betina juga di kupas tuntas dengan sistem diskusi tanya jawab seputar ganguan reproduksi sapi betina.



Komentar

Postingan Populer