Dinas Peternakan dan Perikanan Di Desa Sendangrejo

Rabu 14 Nopember 2017 Desa Sendangrejo kedatangan Dinas peternakan dan Perikanan Kabupaten bojonegoro di kelompok ternak Sumber Rejeki untuk melihat langsung dan sekaligus memberikan penyuluhan peternakan di kelompok tersebut.
Dinas Peternakan yang di wakili oleh Kabid Agribis Wiwik Sulistyo beserta tim penyuluhan Siswoyo memberikan pengarahan dan memberikan pelatihan cara beternak dengan baik dan benar.
penyuluhan peternakan kelompok sumber rejeki
Banyak kelompok ternak di bojonegoro yang sudah terbentuk tapi masih jarang kelompok yang menjalakan kegiatan yang benar benar ternak.
Bojonegoro barat akhir-akhir ini telah menjamur beberapa kelompok yang tumbuh di beberapa desa di wilayah kecamatan untuk bersaing dalam berkegiatan ternak mewujudkan kemakmuran desanya masing -masing.

Lewat penyuluhan tersebut Wiwik Sulistyo menjelaskan ke kelompok bahwa kelompok berdiri semata-mata bukan untuk mencari bantuan, akan tetapi kelompok berdiri membuat komunitas ternak yang teroganisir dengan baik di tengah tengah masyarakat.

Menurut dinas peternakan kelompok yang baik dan bagus harus di akui oleh desa, terdaftar di Dinasnak dan berbadan Hukum sesuwai setandar pemerintah.
Selain itu juga di sampaikan kepada seluruh pengurs dan anggota kelompok harus mengetahui dan jeli terhadap penyakit penyakit yang menyerang pada hewan ternak kambing domba, maka dari hal tersebu dinas langsung bergesas datang untuk memberikan pengarahan kepada kelompok dan memerikan pengetahuan.

Ketua kelompok Panca Yuawanto menjelaskan kepada Dinas bahwa kelompok Sumber Rejeki berdiri karena terinfirasi kepada kelompok Ustan Mandiri desa Dolokgede, dari hal tersebut panca kerap datang di kelompok ustan mandiri untuk belajar mengelola kelompok dan belajar manajen ternak kambing domba.

Dari situlah pemuda asal desa Sendangrejo ini mengorganiser peternak untuk di jadikan wadah bersama menjadi kelompok ternak di desanya.
Dalam acara kegiatan kelompok di hadiri 3 petugas IB (iseminasi Buatan ) di kecamatan tambakrejo serta PTP (petugas teknis peternakan ) Lilik Sulistya.

Untuk kegiatan tersebut pihak desa setempat juga menghadiri yang di wakili oleh bapak Kasun juga ketua BPD Sendangrejo serta ketua kelompok Ustan Mandiri Dolokgede.


Komentar

Postingan Populer