Tepung Pisang sdh Di Produksi Di Desa Dolokgede

Warga Dolokgede menunjukan kreasinya dalam bentuk inovasi olahan pisang yang dapat di kemas dan di produksi secara masal yakni tepung pisang. Sunarti warga dusun kuluhan Rt 13 Rw 03 Dolokgede menunjukan kepada publik bahwa kegiatan yang mereka lakukan menjadi sebuah kegiatan yang dapat meraup uang untuk memenuhi kebutuhan keluarnya.

pembuatan tepung pisang dolokgede.
Potensi desa dolokgede akhir-akhir ini bermunculan tak ada aba-aba, seperti apa yang di lakukan oleh Ibu Sunarti ini menjukan bahwa dolokgede akan banyak potensi dari ternak, batik, prodak olahan pisang menjadi tepung dan sebagainya.

Ibu Sunarti melakukan kegiatan tersebut atas motifasinya dari KKN UGM tahun lalu yang Kuliah Kerja Nyata di desa dolokgede dengan hasil yang begitu memuaskan bagi wargadolokgede.

Dalam memproser tepung pisang tersebut Ibu Sunarti memilih pisang Kepok dalam bahasa Indonesia di sebut Sobo pipit,  yang menurutnya pisang jenis ini di samping harganya murah serta kadar kandungan proteinya lebih bagus untuk di buat tepung.

Untuk membuat tepung pisang tersebut bu sunarti memilih pisang yang benar-benar tua karena pisang yang sudah tua isinya sangat padat dan mudah di kupas sehingga tak terlalu banyak getah pada buahnya.

Setelah di rebus pisang lalu di kupas dan di jemur di bawah sinar matahari, tetapi menurut bu sunarti lebih bagus jika sudah punya open akan di lakukan pengopenan biar lebih praktis dan hegenis menurutnya.
Ibu Sunarti dalam memproses tepung pisang sehari sudah menghasilkan 2-3 kilo harapanya bila di produksi masal oleh masyarakat bisa mencapai puluhan kilo untuk di pasarkan.

Komentar

Postingan Populer