Populasi Sapi Kelompok Ustan Mandiri Dolokgede bertambah menjadi 33 ekor

Ustan Mandiri adalah kelompok ternak yang yang dapat memberikan contoh terhadap kelompok lain. kelompok ternak yang berada di desa dolokgede kecamatan tambakrejo ini melakukan sebuah kegiatan yang mencerminkan kepada publik bahwa, kelompok tidak hanya sekedar perkumpulan saja tetapi kelompok ini memberikan pengetahuan dan ketampilan serta tanggung jawab terhadap kelompok dan pemerintah.

Ustan Mandiri Dolokgede

salah satu bentuk nyata yang dilakukan oleh beberapa pengurus melakukan pengecekan dan pendataan sapi-sapi kelompok untuk di bukukan dan di dokumentasikan.
Sapi kelompok yang sudah di (Iseminasi Buatan) bahasa peternakan di sebut kawin suntik atau IB satu persatu mereka bukukan dan di catat dari penggaduh anggota kelompok mempermudah mendeteksi kebuntingan dan penghitungan pakan melahirkan.

Anggota kelompok Ustan Mandiri telah berhasil diberdayakan oleh seorang pemuda kelahiran Dolokgede 1980 bernama Muhammad Ali yang kebetulan itu adalah ketua dari kelompok tersebut.

Di tahun 2017 sapi kelompok yang di gaduh oleh anggota telah melahirkan 2 ekor yakni di bulan januari milik Nuhayati Rt 04 dan bulan Februari sapi kelompok yang di gaduh Ngari Ibu Supatmi Rt 01 telah melahirkan pagi dini hari dengan jenis kelamin betina.

Pedet yang di lahirkan jam 02.15 Wib dini hari dengan tinggi 70 cm dengan panjang 62 lingkar dada 71 dan berat 24 kg, indukan dengan kode ertec telinga 476 berhasil di IB oleh petugas iseminasi buatan Teguh Budiarto dari Kecamatan Tambakrejo dengan kode semen 11019.

Komentar

Postingan Populer