Kunci Pertahanan Ternak Domba dari Anjloknya Harga Pasar

Sikap yang melelahkan sebagai peternak kecil dan menengah jika situasi harga kambing domba anjlok beberapan bulan terahir.  5 bulan  terahir harga domba di beberapa wilayah Indonesia mengalami penurunan harga yang sangat amat mengecewakan bagi kalangan peternak pedesaan.


Lahan Hijauan Pakan Ustan Mandiri Dolokgede

Bagi peternak domba di bidang penggemukan mengalami kerugian yang begitu terasa di saat saat harga turun, berbagai upaya peternak lakukan demi meraup keuntungan dalam berternak, tapi apa yang terjadi pada penggiat ternak justru malah keteteran dalam hal pakan.

Pakan adalah hal yang paling urgen di dalam beternak dengan sistim penggemukan berganti pakan akan mengakibatkan turunya bobot badan domba, tetapi dalam kondisi sekarang peternak justru merubah pakan yang seharusnya di pertahankan, kenapa demikian?    

Harga domba hidup tak seimbang dengan kebutuhan pakan, sentrat pabrikan terlalu mahal serta berbagai jenis pakan yang di produksinya.  Dari  dampak anjloknya harga domba pabrik pakan juga otomatis mengalami penurunan produksi.

Bagaimana Sikap kita dalam menyikapi kejadian ini?  kami kelompok ternak Ustan Mandiri Dolokgede mengalami penurunan dratis dalam kegiatan ternak, banyak anggota yang menjual ternanya walaupun merugi sebab bagaikan   makan buah simalakama dimakan mati tdk di makan mati juga.
Yang artinya penggemukan Domba yang sudah di pelihara dalam kurun 4 bulan terahir harganya semakin turun semakin turun, sedangkan harga pakan selalu naik.  Kalau domba kita pertahankan tidak kita jual, maka bertambahlah biaya pakan terhadapnya.

Dari venomena kejadian tersebut kelompok memfokuskan kegiatanya di bidang pengembangbiakan domba, tetapi dari pengembangbiakan tersebut sangat di butuhkan dengan persediaan hijauan pakan yang cukup serta kandang yang setandar pengembangbiakan.

Ternak Domba Ustan Mandiri Dolokgede


Ustan mandiri sudah mempunyai itu semua, lahan rumput odot dan setia ustan mandiri seluar satu hektar setengah, maka solusi yang tepat versi Ustan Mandiri adalah membukan lahan hijauan yang banyak guna untuk mempertahankan ternak dombanya.

Komentar

Postingan Populer