Giliran Anak-anak Dolokgede Ikut Berpartisipasi Bangun Desa

Membangun sebuah Desa tidak hanya berbentuk material saja, tapi berpartisipasi adalah juga salah satu bentuk ikut membangun desa. Anak-anak yang tergabung dalam sebuah organisasi anak yang satu-satunya terbentuk di desa dolokgede pada tanggal,28 Nopember 2016 .

Musyawarah kegiatan Anak-anak Desa Dolokgede
Pada umumnya yang terlibat dalam pembangunan desa adalah kaum dewasa saja, tetapi di Desa Dolokgede sdh  memulai melibatkan anak-anak untuk  perencanaan pembangunan desa.
Di dalam UU Perlindungan Anak Kita wajib melindungi, dan juga melibatkan untuk berpartisipasi dalam hal apapun di kelurga dan desa.

Hak tumbuh kembang harus selalu di beri ruang kepada anak-anak desa agar selalu hak anak di penuhi oleh pengasuh anak dan pemerintah.   Dalam Forum Anak ini di harapkan anak-anak dapat belajar berorganisasi agar dapat membangun mental-mental mereka dari perampasan hak anak.

Desa Dolokgede berkomitmen untuk mewujudkan desa ramah anak dalam waktu 5 tahun kedepan, cita-cita besar dan mulia yang di laksanakan oleh pemerintah desa agar menjadi desa percontohan edukasi apapun.

Kegiatan-kegiatan yang akan di lakukan oleh anak-anak dolokgede akan di topang dengan  Anggaran Pendapatan Belanja Desa APBDES oleh pemerintah desa.  Kegiatan yang akan di lakukan oleh Fornandeg adalah kesenian dan budaya, olah raga, pendidikan non formal dan yang paling mendasar yakni membangun dan menyadarkan para pengasuh anak untuk sadar dalam memberikan Hak-haknya anak.

Dari Program Desa Ramah Anak ini di harapkan oleh pemerintah Pusat maupun pemerintah desa untuk mencegah adanya kekerasan terhadap anak, kekerasan pesikis maupun kekerasan fisik yang mengakibatkan ketraumaan terhadap anak.

Selain itu pemerintah desa juga akan berusaha menyadarkan para orang tua anak ttg pernikahan dini terhadap anak-anak desa dolokgede dengan cara  bersosialisasi dan penyebaran flamplet serta pemasangan baliho-baliho di tempat-tempat setrategis di desa.




Komentar

Postingan Populer