Venomena Harga Pasar yang Merosot Tidak Manjadikan Efek Jera Bagi Kelompok Ternak Ustan Mandiri Dolokgede

Harga domba di pasaran anjlok di bawah setandar harga pemerintah, harga tersebut tak dapat melunturkan semangatnya para peternak yang di desa dolokgede yang bergabung di kelompok ternak ustan mandiri. 

Ustan Mandiri Dolokgede Tambakrejo
Peternakan yang berada di desa dolokgede telah menjadi budaya masyarakat yang di bidang budidaya ternak hampir satu desa masyarakatnya mempunyai ternak domba maupun sapi yang sebagai tabungan mereka untuk mensekolahkan anak-anaknya.

Harga domba semakin merosot di pasaran entah apa yang menjadi penyebabnya sehingga beberapa kelompok peternak mengalami kerugian yang sangat besar.
Bagi kelompok Ustan Mandiri Dolokgede tak menjadikan hal tersebut menjadikan hambatan maupun problem dalam beternak, karena kelompok ini telah mempunyai lahan hijaun yang cukup untuk menjadikan domba - domba tetep dalam kondisi setabil di peterumbuhan badanya.

Beda dengan kelompok yang lain yang bergerak di penggemukan, biaya pakan jauh lebih besar dibanding kelompok yang pengembangbiakan/ peranakan dengan menejemen yg sangat berbeda.

Di dunia peternakan pakan adalah kunci keberhasilan bagi peternak, jika hal tersebut tak menjadikan perhatian maka peternakan akan menjadi kandas di kemudian hari.


Komentar

Postingan Populer