PEMERIKSAAN DARAH DAN FESES SAPI KELOMPOK TERNAK DI WILAYAH SUMBER BIBIT

Tak henti-hentinya kegiatan yang di lakukan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro dalam setahun ini untuk berupaya agar bojonegoro menjadi kawasan wilayah sumber bibit sapi PO (ongole) di provinsi jawa timur.

Kelompok ternak budi upoyo desa jatimulyo
Selasa, 4 oktober 2016 menjadi agenda yang tercacat di sebuah kelompok ternak sapi Budi Upoyo desa jatimulyo kec. tambakrejo yang setahun lalu mendapatkan bantuan hibah dari propinsi jawa timur  dengan jumlah 20 ekor sapi indukan.  hari ini mendapat tamu dari dinas peternakan bersama rombongan dari Balai besar Veteriner (BBVET ) Wates Yogyakarta.

Tieam tersebut dipimpin oleh Drh. Nurohmi dari BBvet Yogyakarta bersamaan dengan Dokter hewan kabupaten bojonegoro Martono dan Niken serta di dampingi oleh Petugas Teknis Peternakan kecamatan tambakrejo Moechid untuk memeriksa satu persatu sapi sapi kelompok untuk di leb darahnya dan fesesnya.

Pengambilan Sample Darah Sapi
untuk mengambil darah sapi-sapi tersebut para dokter hewan dengan cara di sedot menggunakan injek di bagian pangkal ekor sapi untuk di leb di Laboratorium untuk mendeteksi sapi tersebut terkena penyaki yang berbahaya atau tidak.

Sebagai wilayah sumber bibit harus terbebas dari penyaki-panyakit yang menular dan berbhaya, karena akan mempengaruhi bibit yang sudah terjangkit untuk di kembangkan lagi.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengambil sempel darah serta feses sapi sapi yang berada di kandang kelompok guna di deteksi agar terbebas dari beberapa penyakit hewan menular.

Sapi-sapi yng di periksa mencapai 200 ekor yang berada di kelompok dan warga jatimulyo  
./ Ahcmad Moechid, PTP tambakrejo.

Komentar

Postingan Populer